. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 14 November 2011

Mandi Keringat dengan Pelecing Kangkung dan Ayam Taliwang



Jalan-jalan ke Lombok kurang afdol kalu tidak menikmati masakan khasnya yakni Pelecing Kangkung dan Ayam Taliwang. Kalau Anda menyantap kedua masakan Lombok yang kian menasional ini, dijamin bakal membuat Anda mandi keringat lantaran bercitra rasa pedas menyengat.

Anehnya, bumbu pedas yang ada di Pelecing Kangkung dan Ayam Taliwang bukan membuat orang jera, tapi justru ketagihan. Anda pun bakal merasakan hal serupa.

Pelecing atau Kangkung Lombok yang menjadi bahan dasar utama Pelecing Kangung berbeda dengan kangkung yang ada di daerah lain. Batangnya lebih panjang, besar, dan renyah namun tekstusnya lembut dan tidak alot. Bumbu sambalnya campuran cabe rawit merah, tomat, dan irisan limau yang bakal bikin keringat Anda mengucur deras.

Sedangkan Ayam Taliwang adalah ayam kampung muda yang dibakar dengan bumbu warisan nenek moyang secara turun-temurun. Selain dibakar, Ayam Taliwang juga ada yang digoreng dengan aneka rasa pilihan seperti Ayam Taliwang Pedas, pedas manis, manis, dan Ayam Taliwang Madu.

Tak sulit menemukan kedua masakan khas Lombok ini. Anda dapat mencicipinya di rumah makan sederhana maupun restoran mewah. Ada beberapa rumah makan yang kerap dikunjungi wisatawan antara lain Rumah Makan Bengkel Murah Meriah di Jalan TGH Ibrahim Khalidy Bengkel, dan Rumah Makan Lesehan Taliwang Irama di Jalan Irma Suryani-Cakranegara. Bahkan di Pantai Senggigi, Anda bisa mencicipi Pelecing Kangkung sambil lesehan di pantai beralas tikar.

Harga seporsi Ayam Bakar Taliwang di Rumah Makan Lesehan Taliwang Irama Rp 38.000. Sedangkan Pelecing Kangkungnya Rp 5.000 per porsi.

Selain Ayam Taliwang dan Pelecing Kangkung masih ada masakan khas Lombok lainnya seperti Tahu Goreng Lombok Rp 10.000 per porsi isi 4 potong. Daging tahunya lebih padat namun tetap lemut dengan teman makannnya sambala kecap bercampur irisan cabe rawit pedas.

Sedangkan di rumah makan lain ada menu Bebalung atau sop tulang sapi seharga Rp 20.000 per porsi dan Sayur Kuning Ikan Laut
Rp 17.000 di Rumah Makan Bengkel Murah Meriah di Jalan TGH Ibrahim Khalidy Bengkel yang khusus menyajikan aneka masakan khas Orang Sasak, dan Soto Lombok Rp 25.000 per porsi di Bandara Internasional Lombok.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP