. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 14 November 2011

Jadi Superman di Taman Narmada Lombok Barat




Salah satu tempat wisata di Lombok, NTB yang juga kerap dikunjungi wisatawan selain Senggigi, Tiga Gili, Pura Lingsar, Desa Sade, Desa Sekarbela, Pantai Kuta, dan Gunung Rinjani adalah Taman Narmada. Di taman bekas peninggalan kerajaan Karang Asem Bali ini Anda bisa menguji nyali dengan aneka permainan outbond seperti river tubing dan flying fox gaya Superman.

Taman Narmada berada di Desa Lembuah, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombak Barat, sekitar 15 menit dari Kota Mataram dengan kendaraan roda empat.

Taman yang dibangun oleh Raja Anak Agung Ngurah Karang Asem pada tahun 1727 ini berluas 2 hektar. Dulunya menjadi tempat petirahan atau persirahatan sekaligus pemandian keluarga raja.

Kini, taman yang memiliki beberapa kolam air ini digunakan sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama tahun Caka antara Oktober-November, dan mnjadi taman hiburan dengan bermacam fasilitas pendukung.

Nama Narmada diambil dari Narmadanadi, anak Sungai Gangga yang disucikan oleh orang Hindu di India. Bedanya, air suci yang ada di taman ini berasal dari mata air di Gunung Rinjani yang dipercaya berkhasiat awet muda dan dapat mendatangkan bermacam keberkahan baik mendapatkan jodoh, pekerjaan, kebahagiaan, kedamaian dan lainnnya.

Karena mujarab air awet muda di taman inilah, banyak pengunjung dari berbagai daerah di NTB termasuk dari luar kota di Jawa dan daerah lain berdatangkan untuk mencoba khasiat airnya. Sebelum menikmati air awet muda di taman ini, pengunjung harus mengikuti aturannya.

Ada seorang juru kunci yang memimpin doa dengan gaya Hindu. Kemudian tiga orang pengunjung dipersilakan secara bergantian berdoa di hadapan pancuran air awet muda, lalu membasuh wajahnya. Setelah itu mengambil air di gelas yang sudah disediakan, lalu meminumnya seraya berdoa sesuai harapan.

Bagi pengunjung yang tak mempercayai hal itu, tak pelu cemas karena banyak permainan yang dapat dilakukan di taman ini, antara lain flying fox menguji keberanian dengan terbang gaya pahlawan Hollywood, Superman. Harganya Rp 50.000 per orang sekali terbang sudah termasuk fullbody harness, helmet, handscoot, rescue, dan asuransi. Panjang bentangannya 200 meter dan merupakan flying fox tertinggi dan terpanjang di kawasan Indonesia Timur.

Bentangan kabel baja flying fox di taman ini melintasi kolam Narmada. Saat meluncur gaya Superman, Anda bakal merasakan sensasi terbang dengan tangan mengacung ke depan ala Superman atau membentangkan ke dua tangan bak burung tengah mengepakkan kedua sayap. Gaya lain seperti duduk atau bahkan gaya tiduran pun bisa dicoba sesuai keberanian Anda.

Masih di sekitar taman ini, Anda juga bisa mengarungi jeram sungai setempat dengan ban plastik atau disebut river tubing. Harganya Rp 125.000 ribu per orang dengan jarak tempuk sekitar 1 Km sudah termasuk ban, life jacket, helmet, protector, dry towel, pemandu, dan asuransi. Pilihan lain berenang di kolam renang dengan tiket masuk Rp 5.000 per orang.

Kalau ingin sekadar santai sambil menikmati pemandangan alam sekitarnya, pengunjung dapat mencicipi buah Durian dan Manggis yang tumbuh di dalam dan sekitar taman ini. Di samping taman ini ada perkebunan Durian yang pohonnya sudah berusia ratusan tahun. Kendati ukuran duriannnya kecil tapi rasanya lezat dan rendah kadar alkoholnya.

Usai flying fox ala Superman dan berbasah-basah dengan river tubing di Taman Narmada, paling nikmat diakhiri dengan pesta Durian dan Manggis di kebunnya langsung. Semua itu bakal jadi pengalaman manis yang tak terlupakan selama berwisata di Lombok.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP