. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 04 Agustus 2011

World Batik Summit 2011 Bakal Bentuk Forum Pengrajin Batik Sedunia


World Batik Summit (WBS) 2011 yang akan digelar di Balai Sidang Jakarta Convention Center, 28 September – 2 Oktober 2011 bertujuan antara lain membentuk forum pengrajin dan industri batik di seluruh dunia. Selain konferensi, event bertema “Indonesia Global Home of Batik” ini juga menyuguhkan buku-buku tentang batik berbahasa asing dan pameran batik.

Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemenbudpar Sapta Nirwandar mengatakan WBS 2011 diselenggarakan Yayasan Batik Indonesia (YBI) didukung sejumlah kementerian terkait. “Ini international conference, sejumlah pakar batik dunia dan desainer batik akan berbicara di konferensi ini,” jelasnya saat konferensi pers pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara di Jakarta, Kamis (4/8/2011).

Pemerintah Indonesia mensuport kegiatan ini dalam hal ini kementerian terkait. “Kemenbudpar juga terlibat dalam event ini dan dalam kaitan WBS itulah, pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara 2011 digelar,” tambahnya.

Pendiri Yayasan Batik Indonesia Dipo Alam menjelaskan antara WBS 2011 bertujuan untuk membangun ikatan antar negara-negara penghasil batik dengan para penggemar batik. Seperti diketahui batik juga dimiliki sejumlah negara lain seperti India, Afrika Selatan, Thailand, dan lainnya.

“Peserta konferensi di WBS 2011 akan diikuti pakar fesyen, praktisi, akademisi, pemasar, dan pecinta batik dari seluruh dunia. “Pesertanya sekitar 1.000 delegasi baik dari nasional maupun internasional,” jelasnya.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menjelaskan WBS 2011 yang rencananya akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu juga akan menyuguhkan “Book Corner Exhibitions” berupa bermacam buku yang mengupas tentang batik dalam berbagai bahasa asing dan juga pameran batik.

“Eksibisi batik kali ini berskala dunia yang akan diikuti produsen batik, praktisi, pengrajin, dan industri batik,” terangnya.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP