. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 04 Agustus 2011

Ayo Ikut Pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara 2011


Punya wawasan luas tentang batik, berwajah dan berpenampilan menarik, coba saja ikuti pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara (PPBN) 2011. Hadiahnya puluhan juta rupiah dan pemenangnya bakal menjadi duta batik dan berkesempatan mempromosikan kebudayaan dan pariwisata Indonesia ke tingkat internasional. Apa lagi syaratnya?

Selain dua syarat di atas, peserta yang ingin mengikuti pemilihan PPBN 2011 yang dilenggarakan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) bekerjasama dengan Ikatan Pecinta Batik Nusantara (IPBN) ini harus berusia 18-25 tahun dengan tinggi untuk putra minimal 170 Cm dan putri minimal 165 Cm (tanpa alas kaki), belum menikah, belum memiliki anak, berkepribadian Indonesia, dan menguasai bahasa asing minimal Bahasa Inggris.

“Kalau punya keterampilan khusus membatik, itu lebih baik lagi karena mendapatkan nilai lebih,” kata Tantie Ketua IPBN di Jakarta, Kamis (4/8/2011).

Pendaftaran sudah dimulai sejak 1 Agustus lalu sampai 22 Agustus 2011. Pendaftarannya mudah sekali melalui email ke: kontak@putraputribatik.com. Informasi lengkapnya di www.putraputribatik.com. Setelah dinyatakan lolos, selanjutnya seluruh peserta akan dikarantina selama 3 hari pada 25-27 Agustus 2011. Babak finalnya sekaligus pengumuman pemenangnya akan digelar di Jakarta pada 28 September 2011 yang rencananya disiarkan oleh salah satu TV nasional.

Juara I PPBN 2011 masing-masing akan mendapat uang Rp 50juta, juara II Rp 25juta, dan juara III Rp 15juta serta beberapa hadiah lain dari sponsor. Sedangkan juara favorit dan peserta persahabatan masing-masing mendapat uang Rp 10juta.

Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemenbudpar, Sapta Nirwandar mengatakan penyelenggaraan pemilihan PPBN 2011 ini dalam rangka menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap warisan budaya Indonesia khususnya dikalangan generasi muda, sekaligus sebagai upaya pelestarian dan pengembangan batik yang telah diakui UNESCO sebagai “Intangible Heritage of Humanity” pada 2009 lalu.

“Dengan pemilihan PPBN ini diharapkan generasi muda semakin bangga terhadap batik,” jelasnya seraya berharap kelak Indonesia menjadi tuan rumah sekaligus pemrakasa pemilihan putra-putri batik tingkat internasional, mengingat banyak negara lain yang juga memiliki batik seperti Thailand, Afrika Selatan, India, dan lainnya.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP