. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 18 Agustus 2011

Keuntungan Sawah Berundak Bali Jadi World Culture Heritage


Kalau tak ada rintang, kawasan sawah berundak Bali di Jatiluwih, Kabupaten Tabanan, bakal menjadi World Culture Heritage atau warisan budaya dunia (WBD) yang ditetapkan badan kebudayaan dunia PBB, Unesco. Apa keuntungannya?

Kawasan Jatiluwih yang diusulkan menjadi WBD yang semula seluas 300 hektar menjadi menjadi 1.000 hektar, termasuk lahan hutan hingga sekitar Danau Beratan di Bedugul. Serta dua obyel lagi yakni kawasan Pura Taman Ayun, Mengwi, Kabupaten Badung dan kawasan sekitar Sungai Pekerisan, Kabupaten Ginyar.

Unesco memberikan kesempatan selama setahun untuk melengkapi persyaratan administrasi sawah berundak tersebut harus berada dalam satu kesatuan dengan hutan dan pura atau tempat suci umat Hindu yang ada di sekitarnya.

Jika Unesco menyetujui ketiga kawasan tersebut sebagai WBD, tentu Indonesia mendapat beberapa keuntungan. Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Propinsi Bali Drs I Nyoman Nikanaya di Denpasar, keuntungannya, ketiga obyek tersebut akan tetap menjadi milik masyarakat setempat. Namun pelestariannya, dunia internasional ikut bertanggung jawab.

“Usaha perlindungan dan pelestariannya tentu tidak keluar dari kearifan lokal atau kebiasaan yang sudah dipegang masyarakat setempat,” jelasnya.

Unesco, lanjut Nikanaya akan membantu dalam bidang pendanaan, peralatan dan kebutuhan lainnya sesuai usulan masyarakat pengelola dalam melestarikan ketiga kawasan tersebut.

Namun, untuk menjadikan ketiga kawasan tersebut lolos sebagai world culture heritage bukan perkara mudah. “Persaingannya yang sangat ketat, mengingat hampir semua negara di dunia juga mengusulkan serupa ke Unesco," akunya.

Kendati begitu, Bali lewat pemerintah Indonesia optimis kawasan sawah berundak dan 2 kawasan lainnya itu bakal mendapat pengakuan dari badan kebudayaan dunia, Unesco sebagai warisan budaya dunia.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP