. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 18 Agustus 2011

Beberapa Foto Kebudayaan 2011 Jadi Iklan Pariwisata


Sejumlah foto dari hasil lomba Foto Kebudayaan 2011 yang dipamerkan di Hall D-2 Jakarta Intenational Expo (JIE), Kemayoran, Jakarta, bakal menjadi media iklan pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar). Beberapa foto terpilih juga akan ditempatkan di Istana Presiden.

“Nanti kami pilih-pilih dulu mana foto-foto yang akan dijadikan iklan pariwisata. Foto-foto yang dipilih tentunya yang menggambarkan bahwa Indonesia memang wonderful,” kata Menbudpar Jerok Wacik usai melihat pameran foto tersebut di JIE, Kamis malam (18/8/2011).

Beberapa foto tersebut, lanjut Jero Wacik juga akan dipilih untuk ditaruh di ruang tamu Istana Presiden. “Tentu foto-foto yang bagus-bagus dan yang menginspirasi keindahan negeri kita sehingga orang yang datang ke Istana Presiden dapat melihat foto-foto indah ini,” terangnya.

Acara Lomba dan Pameran Foto Kebudayaan 2011 ini, tambah Jero Wacik sebagai pengganti acara Pawai Budaya Nusantara yang biasanya digelar Kemenbudpar di depan Istana Negara Jakarta setiap tanggal 18 Agustus dalam rangka perayaan hari kemerdekaan RI.

“Berhubung peringatan 17 Agustus tahun lalu dan sekarang bertepatan dengan bulan puasa, maka diadakan penyesuian dengan pameran dan lomba foto. Tahun ini ada ribuan foto yang dilombakan,” jelasnya seraya menambahkan bahwa Pameran Foto Kebudayaan 2011 ini akan dilanjutkan di Galeri Nasional mulai tanggal 20 s/d 25 Agustus 2011.

Tahun lalu, selain lomba dan pameran foto juga digelar lomba dan pameran lukis, puisi, cipta lagu, dan membatik tingkat anak-anak. Namun untuk tahun ini waktu pelaksanaan lomba-lomba tersebut digeser dan akan dipamerkan di Istana Bogor pada 17 September 2011. “Tujuan lomba-lomba tersebut untuk menanamkan karakter bangsa kepada anak-anak agar mereka tahu bahwa negeri ini besar, hebat, dan agar mereka bangga menjadi bangsa Indonesia,” terangnya.

Dirjen Nilai Budaya, Seni, dan Film (NBSF) Kemenbudpar Ukus Kuswara menerangkan bahwa 150 foto yang dipamerkan dalam Pameran Foto Kebudayaan tahun ini merupakan karya pemenang, nominator, dan karya pilihan dari kategori pelajar, mahasiswa, dan umum serta karya tim Juri.

“Dalam pameran kali ini juga ada 5 karya foto Ani Bambang Yudhoyono dan foto bangunan cagar budaya Lawang Sewu Semarang purnapugar yang diresmikan Ibu Negara beberapa waktu lalu,” jelasnya.

2.575 Foto
Lomba foto untuk kali kedua bertema “Kenali Negerimu, Cintai Negerimu” ini diikuti 721 fotografer dengan 2.575 karya foto.

Kategori umum juara satu diraih Hasan Tribuana dari Sumatera Selatan dengan foto berjudul “Kemeriahan Tabuik Pariaman”. Juara dua Ramdani (Jakarta) judul foto “Penambang Belerang”, dan juara 3 Susanti Prima Wardani (Bali) dengan foto bertajuk “Menghadap Bumi”.

Kategori mahasisia juara satu Aulia Rachman dari Jawa Timur dengan foto bertajuk “Refleksi Kemerdekaan”. Juara 2 Genadi Adha (Jakarta) judul foto “Dalang Cilik”, dan juara 3 Dwisanto Sayogo dengan foto berlabel “Alah Kae, Ban’e Njetor Njuh Tulungi..!”.

Kategori pelajar juara satu diraih Lukas Surya Atmaja asal Jawa Timur dengan Foto berjudul “Ayo Maju Sapiku!”. Juara dua Keyza Pratama Widiatmaka (Bali) judul foto “Meayunan”, dan juara tiga Monica Priscilla TS (Jawa Timur) dengan foto bertajuk “Tari Kancet Lasan Po’buruy”.

Hasan Tribuana (29thn) buka rahasia. Dia mengirim 5 foto untuk lomba foto kali ini. Tak disangka foto “Kemeriahan Tabuik Pariaman” yang diambilnya pada tahun 2008 saat perayaan Tabuik di Pantai Gondoria, Pariaman, Sumatera Barat, berhasil menyabet juara satu dengan hadiah uang Rp 20 Juta, piala, dan trophy.

“Saya ambil foto itu di bibir pantai dengan berdiri jinjit di atas batu pemecah ombak. Kebetulan dapat moment yang pas, saat salah satu tabuiknya mau jatuh. Foto ini saya ambil secara otomatis dengan kamera DSLR, 10 menit jelang matahari tenggelam,” jelasnya.

Kalau nanti fotonya itu juga terpilih sebagai media iklan pariwisata Kemenbudpar ataupun ditaruh di Istana Presiden, dia mengaku makin senang dan bangga.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

2 komentar:

Unknown 4 Desember 2012 pukul 05.05  

I like photograph

http://photos-c.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/21641_559470127400757_102475860_n.jpg?dl=1

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP