. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 19 Agustus 2011

Jelang Liburan Lebaran, Cek Ulang Fasilitas Obyek Wisata


Pengelola obyek wisata harus mengecek ulang semua peralatan, fasilitas atau wahananya menjelang liburan lebaran tahun ini. Keselamatan pengunjung harus menjadi prioritas utama untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan selama pengunjung menikmati obyek wisata tersebut.

Himbauan ini disampaikan Menbudpar Jero Wacik, terkait datangnya liburan lebaran tahun ini sekitar 2 pekan lagi.

“Penjaga pantai, danau, dan sungai harus memeriksa peralatannya, jangan sampai ada kecelakaan yang tak kita harapkan. Fasilitas dan peralatannya harus benar-benar safety agar semua yang berlibur selamat dan senang,” jelasnya usai menghadiri Pameran Foto Kebudayaan Indonesia 2011 mendampingi Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono di Hall D-2 Jakarta Intenational Expo (JIE), Kemayoran, Jakarta, Kamis Malam (18/8/2011).

Dalam kesempatan itu, Jero Wacik juga meminta semua gubernur, bupati, dan walikota untuk menghimbau pengelola wisata di daerah atau kotanya agar mengecek ulang semua fasilitas atau wahana yang ada termasuk kesiapan petugasnya.

“Petugas jaga di obyek wisata pantai, laut, danau, dan sungai harus siap siaga. Kondisi jalan dan jembatan juga tolong dicek ulang. Jangan sampai ada yang membahayakan wisatawan,” tegasnya.

Setiap liburan lebaran, lanjut Jero Wacik biasanya obyek-obyek wisata ramai dikunjungi masyarakat. “Sebab yang berlibur bukan hanya masyarakat muslim, tapi juga non muslim. Oleh karenanya untuk mengantisipasi sesuatu yag tidak diinginkan, pengelolanya harus menyiapkan semua fasilitas dan petugasnya sebaik mungkin, jauh-jauh hari,” jelasnya.

Sanksi Tegas
Mengingat masih kerap terjadi kecelakaan di lokasi obyek wisata, rasanya himbauan saja tidak cukup. Pemerintah harus berani memberi sanksi tegas kepada pengelola obyek wisata yang terbukti lalai atau tidak mengindahkan keselamatan pengunjungnya.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kerap terjadi kecelakaan di obyek wisata hingga menelan korban akibat keteledoran pengelola obyek wisata. Kejadian tersebut bukan hanya pada saat liburan lebaran tapi juga liburan panjang sekolah.

Musim liburan lebaran merupakan salat satu masa panen bagi obyek wisata. Biasanya sejumlah pengelola obyek wisata berlomba membuat acara atau paket khusus liburan lebaran semenarik mungkin untuk menjaring pengunjung sebanyak mungkin.

Itu sah-sah saja, asal dibarengi dengan mengutamakan faktor keselamatan dan kenyamanan bagi pengunjungnya.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

1 komentar:

Unknown 4 Desember 2012 pukul 04.58  

Saya suka photography
walau bukan orang yg mendalami,
semoga makin banyak orang yg mendalami bidang ini.
Good luck to you all........!

http://photos-c.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/21641_559470127400757_102475860_n.jpg?dl=1

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP