. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 25 Juli 2011

MAK JOGI, Indonesia Kini dalam Hikayat dan Tari Melayu



Setelah sukses menggelar Laskar Dagelan, Beta Maluku, dan Ludrukan Karoto Mbalelo, kini program INDONESIA KITA yang didukung Djarum Foundation melalui Djarum Apresiasi Budaya mementaskan kesenian berakar melayu bertajuk ”MAK JOGI” Hikayat Jenaka Untuk Indonesia. Pementasan ini akan menyuguhkan wajah Indonesia saat ini dalam bentuk hikayat dan gerak tari Melayu.

"MAK JOGI" yang akan dipentaskan dua kali yakni Selasa dan Rabu malam, 26 & 27 Juli 2011, pukul 20.00 WIB di Graha Bhakti Budaya (GBB), Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta menyuguhkan olahan seni budaya berbasis Melayu, yakni gerak tari dan cerita hikayat tentang Indonesia hari ini.

Pementasan ini disutradari Djaduk Ferianto dengan tim kreatif Butet Kartaredjasa, Tom Ibnur sebagai koreografer sekaligus pemeran Mak Jogi, Agus Noor (penulis naskah), dan Samuel Wattimena sebagai Penata Busana.

Para pemainnya didukung sederet seniman terkenal yakni Tom Ibnur, Didik Nini Thowok, Agus PM Toh, Hartati, Effendi Gazali, Hendri Lamiri, Hoesnizar Hood, Ramon Damora, Hasan Aspahani, Raja Hafidjah, Udin Semekot, kelompok Makyong Kep.Riau, dan "Laskar Dagelan": Trio Gam-Gareng Rakasiwi, Wisben dan Joned.

Tom Ibnur menjelaskan pementasan ini ingin menyampaikan gagasan mempererat persatuan bangsa ini lewat budaya Melayu. Mengingat hampir di seluruh pesisir Indonesia dihuni masyarakat Melayu dengan kekhasan budayanya.

Yang menarik menurutnya, dalam pementasan ini gerak tari Melayu ini juga dieksplor oleh koreografer yang bukan berakar Melayu sehingga ada warna pluralisme gerak di sana.

Untuk lebih memberi atmosfir Melayu yang kental, sebelum pementasan akan ada Pasar Kuliner yang menyuguhkan aneka kuliner khas Melayu mulai pukul 12.00 WIB sampai malam hari.

Berdasarkan pantauan Travelplusindonesia, Senin (25/7/2011) di loket tiket GBB, TIM, masih tersedia tiket untuk menyaksikan pementasan ini. Harganya Rp 200ribu untuk VVIP, Rp 100ribu (VIP), dan Rp 75ribu (Balkon).

Usai pementasan "MAK JOGI", tahun ini juga Program INDONESIA KITA akan menggelar Reaktualisasi Seni dari Timur 23-24 September dan Silang Budaya Silang Jenaka (Foklore Lelucon Rakyat) 28-29 Oktober di GBB, TIM Jakarta.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP