. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 13 Juli 2011

Perkawinan Massal Bawah Laut di Sail Wakatobi Belitong


Pembukaan Sail Wakatobi Belitong (SWB) 2011 di Wakatobi, Sulawesi Tenggara berlangsung 16 Juli. Sedangkan di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 26 Juli. Upacara perkawinan massal bawah laut jadi salah satu acara SWB 2011 di Wakatobi. Sementara di Belitung, pembukaannya bersamaan dengan syuting film Hollywood. Ada apa lagi?

Ketua Panitia Daerah SWB 2011 Provinsi Bangka Belitung, Sugianto menjelaskan pembukaan SWB 2011 di Belitung yang semula dilakukan 9 Juli lalu diundur 26 Juli dengan alasan waktunya terlalu berdekatan dengan Pembukaan SWB di Wakatobi, Sulawesi Tenggara 16 Juli ini. Alasan lain disamakan dengan syuting film Hollywood di Belitung pada 25-26 Juli.

”Momen syuting film tersebut diharapkan dapat menyedot wisatawan domestik dan mancanegara lebih banyak lagi dan sekaligus untuk lebih memperkenalkan Bangka Belitung,” akunya.

Sejumlah atraksi seni dan budaya, lanjutnya bakal meramaikan pembukaan SWB 2011 di Belitung yang akan dipusatkan di Tanjung Pendam.

Beberapa menteri terkait antara lain Menbudpar Jero Wacik, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, dan Menko Kesra Agung Laksono akan menghadiri pembukaan SWB 2011 di Belitung.

SWB 2011 merupakan rangkaian dari kegiatan Sail Indonesia. Sebelumnya digelar Sail Bunaken (2009) dan Sail Banda (2010).

SWB 2011 digelar untuk mempromosikan wisata bahari sekaligus mempercepat pembangunan di daerah, khususnya di Wakatobi dan Belitung. Biaya penyelenggarannya mencapai Rp 60 miliar. ”Anggaran tersebut digunakan antara lain untuk memperbaiki sejumlah infrastruktur baik di Wakatobi maupun di Belitung,” kata Agung Laksono.

Untuk menjaring turis, SWB 2011 yang bertema "Clean Ocean for the Future" ini diisi dengan 6 kegiatan utama, yakni yacht rally and race, operasi Bhakti Surya Baskara Jaya, seminar nasional dan internasional, lintas Nusantara pemuda bahari, dan pameran UKM produk perikanan.

”SWB 2011 diikuti 40 negara. Khusus peserta yacht rally and race akan mengarungi perairan di 21 kabupaten di Indonesia, dari Kupang atau Saumlaki sampai Belitung," terang Fadel.

Puncak acara SWB 2011 di di Belitung bertempat di Pantai Tanjung Kelayang pada 5-12 Oktober. Sedangkan di Wakatobi berlangsung di Pantai Sombu pada 23-29 Agustus. Kedua acara puncak ini rencananya dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

SWB 2011 di Wakatobi
Khusus di Wakatobi berkaitan dengan SWB 2011, Benteng Liya Togo di Desa Liya Raya, Kecamatan Wangi-wangi Selatan dipugar untuk ditetapkan sebagai Cagar Budaya Dunia.

Menurut Kadisbudpar Kabupaten Wakatobi, Tawakal pemugaran benteng tersebut menelan biaya Rp 1,5 miliar dari Kemenbudpar. “Pengerjaan pemugarannya direncanakan selesai sebelum acara puncak SWB 2011 di Pantai Sombu,” jelasnya.

Kegiatan SWB 2011 di Wakotobi antara lain Festival Film Lingkungan Internasional di Wangi-wangi pada Juli, Upacara 17 Agustus di dasar laut di Sombu Dive Site, Wangi-wangi (17/8), Pameran Foto Wakatobi di Gedung Wanita, Wangi-wangi(20-29/8), dan yacht rally and race (23-29/8).

Selain itu ada Upacara Perkawinan Massal Bawah Laut di Wangi-wangi(24/8), Festival Seni dan Budaya di Lapangan Merdeka, Wangi-wangi (25/8) yang akan menyuguhkan atraksi Kabuenga, Karia'a, tarian tradisional, kultum, dan buka puasa bersama serta Lomba Dayung Perahu Tradisional di Pelabuhan Panggulbelo - Pelabuhan Ferry Wanci pada 26 Agustus 2011.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Dok. Ist

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP