. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 19 Juli 2011

Berwisata Spritual Ampuh Meredam Stres


Stres itu tekanan atau beban mental yang apibila didiamkan dapat memicu berbagai penyakit fisik dan mental. Stres berat bisa buat penderitanya nekat bunuh diri atau sebaliknya mencelakai bahkan membunuh orang lain. Untuk itu diperlukan pengelolaan stres agar tetap sehat jiwa raga dan hati tentram. Salah satu obat peredamnya dengan berwisata spritual. Apa lagi?

Pengelolaan stres harus datang dari diri sendiri. Berhentilkah untuk tidak terlalu menggantungkan sesuatu apalagi bergantung hidup dari orang lain, sekalipun itu pasangan hidup, anak, saudara, ortu, pacar, atau sahabat sendiri. Jangan pula bergantung dengan benda atau materi.

Berikut 11 obat peredam stres versi travelplusindonesia;

1. Beriman sesuai keyakinan. Bagi muslim, hanya kepada Allah SWT, dengan meyakinkan diri Dia-lah yang menentukan hidup dan mati serta tempat meminta, memohon, dan berlindung. Bukan kepada apapun dan siapapun.

2. Bertaqwa atau taat kepadaNya. Ketaqwaan yang bukan sekadar menjalankan ritual ibadah yanag diperintahkan dan menjauhi laranganNya, melainkan mencakup aspek lain dengan pengabdian sepenuh hati. Aplikasinya bagi muslim antara lain menunaikan solat wajib 5 waktu, dan lainnya.

3. Mensyukuri apa adanya. Menerima dan berterimakasih sekecil apapun yang didapat, termasuk ikhlas di dalamnya.

4. Menyenangkan hati dengan kegiatan/hobi positif seperti bernyanyi, menari atau berkesenian lain.

5. Berwisata spritual. Bagi umat muslim misalnya mengunjungi masjid-masjid tua dan bersejarah, ziarah ke makam-makam Walisongo, berzikir bersama di masjid-masjid besar, keliling majlis taklim dengan rekan, melakukan umroh ataupun pergi haji jika mampu, dan kegiatan lain yang intinya dapat menambah kedekatan padaNya.

6. Menjaga kebugaran bagi pria dan kecantikan buat perempuan. Caranya dengan olahraga yang disukai sesuai umur, dan atau merawat kecantikan di tempat-tempat yang disukai.

7. Berbelanja yang disukai sesuai kebutuhan tapi tidak boros.

8. Berwisata kuliner untuk memenuhi selera makan.

9. Berkumpul dengan orang-orang baik untuk berbagi ilmu dan melakukan kebaikan buat masyarakat dan atau lingkungan.

10. Menyisihkan harta dan atau menggunakan ilmu di jalanNya, seperti ber-infak dan sadaqoh, syiar Islam dan lainnya.

11. Berkreasi dan berinovasi membuat usaha atau lapangan kerja sendiri, tidak semata bergantung pada perusahaan/orang lain yang sewaktu-waktu bisa di PHK hingga bikin stres.

Berwisata spritual dapat dilakukan sendiri atau dalam kelompok kecil. Niatkan dalam hati wisata yang dilakukan bertujuan mendapatkan perubahan diri menjadi lebih baik.

Bila wisata spritual dilakukan secara berkualitas, hasilnya akan nyata. Selain meredam tekanan pekerjaan, ego juga ampuh mengobati stres akibat berbagai permasalahan hidup.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP