. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 19 Juli 2011

Gunung-Gunung Aktif Menggeliat ”Menyambut” Ramadhan


Jelang Ramadhan tahun ini, sejumlah gunung aktif di Indonesia menggeliat seakan ikut menyambut datangnya bulan suci dengan aktivitas vulkanisnya. Ada yang sudah meletus berkali-kali sehingga berstatus Awas. Tak sedikit yang masih mengeluarkan letusan-letusan kecil dengan status Waspada hingga Siaga. Gunung apa saja?

Awal Juli 2011, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat ada belasan gunung api berstatus di atas normal.

Tigabelas gunung berstatus Waspada yakni Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara, Gunung Talang di Solok (Sumatera Barat), Gunung Anak Krakatau (Lampung), Gunung Papandayan (Garut), Gunung Slamet di Tegal (Jawa Tengah), Gunung Dieng di Wonosobo (Jawa Tengah), Gunung Semeru di Lumajang (Jawa Timur), Gunung Merapi (Yogyakarta) Gunung Bromo (Jawa Timur), dan 3 gunung di Sulawesi Utara yakni Gunung Karangetang, Gunung Soputan, dan Gunung Lokon serta 2 gunung berstatus siaga di Provinsi Maluku Utara (Malut) yakni Gunung Gamkonora dan Gunun Ibu.

Dan menjelang Ramadhan ini, fenomena keaktivan gunung-gunung tersebut menarik ditelusuri. Diawali dengan Gunung Semeru yang aktivitas vulkanisnya meningkat 17 Juni 2011 lalu. Berdasarkan pengamatan dari Pos Gunung Sawur, Candipuro, Lumajang, hari itu gunung tertinggi di Pulau Jawa ini mengeluarkan asap berwarna cokelat dengan ketinggian antara 300 sampai 600 meter per 30 menit.

Lalu pada 3 Juli 2011 Gunung Soputan meletus, menyusul Gunung Lokon yang sejak 15-18 Juli 2011 sudah meletus beberapa kali.

Dan 19 Juli 2011 Gunung berapi Ibu dan Gamkonora di Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat, Malut, dinaikkan statusnya dari Waspada ke Siaga seiring meningkatnya aktivitas vulkanisnya.

Dari rekaman alat seismograf Pos Gunung Gamkonora, kedua gunung tersebut mengalami letusan kecil dalam sehari mencapai seratus kali. Atas dasar itu, status gunung Gamkonora dinaikkan menjadi siaga level II dan Gunung Ibu siaga level III.

Gunung Gamkonora yang merupakan atapnya Pulau Halmahera, pernah meletus hebat tahun 1673 disusul tsunami dan membentuk kawah yang memanjang dari Utara ke Selatan. Dan terakhir meletus 10 Juli 2007 lalu.

Kepala PVMBG Surono menghimbau masyarakat di sekitar gunung-gunung berstatus di atas normal tersebut agar tetap menjaga kewaspadaan dan tidak panik.

Akankah gunung-gunung itu kembali menggeliat saat Ramadhan? Atau berhenti sejenak ikut ‘puasa’ lalu erupsi lagi pascaramadhan? Kedua kemungkinan itu bisa saja terjadi mengingat statusnya masih di atas normal.

Yang terpenting, apapun kondisinya keberadaan gunung-gunung tersebut merupakan anugerah luar biasa antara lain sebagai daya tarik wisata yang dapat menjaring wisatawan minat khusus. Dan yang lebih penting lagi apapun status gunung-gunung tersebut, puasa Ramadhan tetap wajib dijalankan bagi muslim di manapun berada.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP