. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 18 Juli 2011

Pesona Alam Tomohon Bukan Hanya Gunung Lokon


Pemberitaan erupsi Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara plus dampaknya masih menghiasi layar kaca dan media online. Info itu jelas bermanfaat mencegah wisatawan mendekati apalagi mendaki gunung tersebut. Tapi di sisi lain, orang jadi cemas ke Tomohon karena terkesan seluruh daerahnya rawan. Padahal masih ada obyek wisata alam lain yang dapat dinikmati di kota bunga ini selain Gunung Lokon. Apa saja?

Mendaki Gunung Lokon yang berketinggian 1.689 meter di atas permukaan laut (mdpl), saat ini memang tidak mungkin. Statusnya masih Waspada dan meletus lagi 2 kali, Senin (18/7/2011).

Tapi bukan tidak bisa mendaki, wisatawan minat khusus yang gemar mendaki masih bisa menapaki 2 gunung lagi yang ada di Kota Tomohon yakni Gunung Mahawu (1.311 mdpl) dan Gunung Masarang.

Waktu tempuh ke puncak Gunung Mahawu sekitar 1,5 sampai 2 jam. Di puncaknya ada danau kawah berwarna hijau dengan kuning belerang. Kita juga dapat melihat Danau Tondano dan Kota Manado dari kejauhan.

Kalau mau yang lebih santai, jelajahi saja beberapa bukit yang ada di Tomohon. Maklum kota ini berada di pegunungan di ketinggian sekitar 700 mdpl dengan kontur tanah berbukit-bukit.

Ada Bukit Temboan di Desa Rurukan yang di puncaknya berdiri sebuah rumah dari kayu pohon kelapa, peninggalan Belanda. Dari puncaknya kita dapat melihat pemandangan Danau Tondano, Pelabuhan Bitung, dan perkebunan sayuran yang tertata rapi.

Lalau Bukit Tintingon Kumelembuai di Kelurahan Kumelembuai, Kecamatan Tomohon Timur. Jaraknya 15 Km dari pusat kota. Dari puncaknya kita dapat melihat panorama Pulau Siladen, Pulau Manado Tua, dan Pulau Lembeh.

Selanjutnya Bukit Inspirasi Tomohon atau Bukit Doa Tomohon di Kelurahan Kakaskasen III, Kecamatan Tomohon Utara, sekitar 1 Km dari pusat Kota Tomohon. Dari puncaknya kita dapat menikmati pemandangan alam Gunung Lokon yang gagah dengan pemandangan alam yang cantik karenya kerap menjadi lokasi foto pre-wedding, tour, gathering, outbound, meeting, bird watching, dan outdoor wedding berkonsep “back to nature”.

Atau ke Bukit Wawo yang menjadi lokasi tepat untuk bersepeda seraya menikmati pemandangan pegunungan dan perkebunan.

Air Terjun
Usai mendaki gunung dan bukitnya, kita bisa mandi atau sekadar menikmati kesejukan Air Terjun Tumimperas di Kelurahan Pinaras, Kecamatan Tomohon Selatan. Air terjun setinggi 70 meter ini dikelilingi pemandangan alam yang asri. Jaraknya sekitar 7 Km dari pusat Kota Tomohon dan mudah dijangkau dengan kendaraan.

Kalau belum puas lanjutkan ke Air Terjun Tapahan Telu Tinoor yang memiliki tiga air terjun berdekatan dengan ketinggian yang sama yakni 50 meter. Sekeliling air terjun ini hutan lindung yang menjadi habitat bagi monyet hitam khas Sulawesi. Selain trekking, kita bisa melakukan panjat tebing di sini. Lokasinya 15 Km dari pusat Kota Tomohon.

Pilihan lain ke Danau Linow Lahendong yang airnya mengandung kadar belerang tinggi ini hingga warnanya dapat berubah sesuai siraman matahari. Di sini kita dapat melihat burung blibis dan komo atau sayok, semacam serangga yang menjadi satwa endemik sekitar danau ini. Serangga ini dikonsumsi penduduk setempat.

Kalau masih ingin berwisata alam lainnya di luar Tomohon tapi masih relatif dekat untuk dikunjungi, kita lanjutkan saja perjalanan ke Danau Tondano dan pemandian air panas mineral Karumenga di Langowan.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP