. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 14 Mei 2011

Barbie Bali Alternatif Cenderamata Pulau Dewata



Pulang berlibur dari Bali, mungkin yang dibawa sebagai buahtangan selama ini cuma kacang, kaos JOGER, lukisan, udeng, kain pantai, bad cover atau kerajinantangan lain. Kini bisa tambah satu lagi yakni Barbie ala Bali. Boneka perempuan cantik yang terkenal seantero ini beda dengan barbie lainnya. Apa bedanya?

Biasanya boneka wanita cantik dan semampai ini mengenakan pakaian ala barat. Karena pakai embel-embel Bali, boneka yang terkenal seantero dunia ini pun memakai pakaian adat Bali dan bersanggul khas Bali. Ada Barbie Bali berkebaya Bali dan yang berbusana kemben Bali.

Rupanya boneka mainan fenomenal ini belakangan pandai beradaptasi sesuai dimana dia berada. Ada boneka barbie berpakaian adat Sumatrea, Jawa dan lainnya. Sebelumnya ada barbie ala selebritis seperti Barbie Madona, Angelina Jolie, Superman, dan barbie ala artis dalam negeri Mulan Jameela.

Dan di Pulau Dewata ini, dia pun menjelma menjadi perempuan Bali yang eksotis. Karena keunikannya itu dia kini diincar wisatawan saat berlibur di pulau para dewa ini.

Pakaian Barbie Bali ini berwarna dan bercorak yang tak kalah bagusnya dengan barbie berbusana Eropa yang biasa dikenakannya.

Perbedaan lainnya, Barbie Bali rambutnya tidak pirang atau blode melainkan berrambut hitam khas Indonesia, dengan sanggul khas bali lengkap dengan bunga kambojanya.
Sedangkan boneka laki-laki teman atau pasangan barbie, meskipun berambut pirang tetap mengenakan pakain adat pria Bali, lengkap dengan sarung dan udeng (kepala ikat khas Bali) sebagai penutup kepala.

Penjual Barbie Bali di salah satu toko di Denpasar mengaku mendapat ide menjual boneka ini justru dari pengunjung yang kerap bertanya mengapa tidak ada barbie khas Bali. Sejak itu dia pun menjual boneka Barbie Bali. Dan ternyata mendapat respon menggembirakan.

Permintaan barbie produk lokal ini cukup tinggi 100 s/d 200 boneka per minggu. Harganya pun hanya Rp 75.000 per boneka.

Adalah Putu Restiti, perempuan muda Bali dari Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Bali Utara yang menjahit kebaya-kebaya kecil dari bahan bahan sisa yang dia beri label Restiti’s Balinese Kebaya. Salah satu hasil karyanya adalah Kebaya Bali untuk barbie. Dia pun mampu membuat busana barbie dengan model-model modern dan stylist.

Dan hasil karya kreatifnya itu sudah tersebar di sejumlah toko di Denpasar. Nah, Anda bisa membelinya sebagai cendera mata alternatif buat buah hati, keponakan atau adik perempuan Anda.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Dik Ist.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP