. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 08 Januari 2011

Kampanye Karakter Bangsa dengan Ketoprak


Apa jadinya jika orang-orang pemerintahan bermain Ketoprak dengan sejumlah pelawak yang sudah malang-melintang di pertunjukan kesenian tradisonal Jawa ini? Yang pasti ada kelucuan yang tak dibuat-buat lantaran mereka tampil apa adanya.

Begitulah yang terjadi ketika sejumlah pejabat eselon satu Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) beserta beberapa stafnya memainkan Ketoprak berlakon “Senopati Ing Alaga Mataram” bersama Himpunan Seniman Panggung Wayang Orang dan Ketoprak Adhi Budaya Jakarta di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), beberapa waktu lalu.

Kelucuan tak disengaja dalam pertunjukan perdana antara Kemenbudpar dengan Adhi Budaya dalama rangka membangun karakter bangsa ini pun muncul. Bagaimana tidak, pejabat eselon 1 seperti Direktur Jendreal Nilai Budaya Seni dan Film (NBSF), Tjetjep Suparman yang pendiam dan berasal dari Jawa Barat harus beradu peran dengan para pemain yang kebanyakan orang Jawa. Dan ketika sejumlah pemain berdialog dengan Bahasa Jawa, Tjetjep yang tidak paham hanya terbengong menengok ke kiri dan kanan hingga menjadi bahan guyonan pemain lainya. Tak ayal, penonton yang memenuhi GKJ tertawa melihat kelucuan natural itu.

Ketika Tjetjep berdialog dengan kata-kata “Karakter Bangsa”, beberapa penonton berceloteh. “Ngga dimana-mana, tetap berkampanye karakter bangsa,” seraya tertawa melihat aksi bos-nya yang terlihat polos di antara pemain Ketoprak ternama.

Kehadiran sejumlah pelawak Srimulat terkenal yang sudah terbiasa wara-wiri di panggung wayang orang dan ketoprak dalam pagelaran ini, seperti Kadir, Doyok, Eko DJ, Kirun, Marwoto dan lainnya kian menghidupkan kolaborasi tak biasa ini. Mereka berhasil membuat penonton yang sebagian besar orang-orang Kemenbudpar dari para pejabat esolon satu dan stafnya serta keluarganya, tertawa terpingkal-pingkal.

Kendati para pelawak senior ini terbiasa berinprovisasi tapi tak lari dari benang merah cerita yang dimainkan. Masing-masing pemain profesional itu tidak terlihat ingin menonjolkan kepiawaiannya dalam mengocok perut. Mereka justru memberi kesempatan kepada pemain barun dan ikut membantu mereka ketika bingung atau lupa dialog dengan banyolan yang menghadirkan kelucuan. Alhasil pementasan itu berjalan sukses kendati latihannya terbilang singkat. Bahkan ada pemain yang tidak ikut latihan.

“Kita hanya latihan 3 kali. Bahkan ada pemain yang cuma sekali ikut latihan. Sementara beberapa pelawak tersohor ada yang tidak ikut latihan sama sekali. Sebelum tampil mereka cukup diberi arahan sutradara dan langsung improvisasi karena sudah terbiasa dan pengalaman,” aku Mahendra, salah seorang staff Dirjen NBSF yang ikut bermain.

Menurut Mahendra, sebenarnya Menbudpar Jero Wacik berencana ikut dalam pementasan ini termasuk beberapa pejabat eselon satu lainnya. Namun karena kesibukan dan tugas lain, akhirnya mereka tidak bisa ikut.

Di lembaran undangan, memang sejumlah eselon satu seperti Sekretaris Jenderal Kemenbudpar Wardiyatmo dan Direktur Jenderal Sejarah dan Purbakala Aurora Tambunan tertera sebagai pemain. Tapi sampai akhir pementasan yang disutradari Aries M ini, keduanya tidak muncul lantaran ada kesibukan lain.

Keseluruhan, pementasan Ketoprak perdana yang menghadirkan orang-orang Kemenbudpar dengan para pelawak tersohor ini berjalan mulus. Hanya ada beberapa kekurangan, antara lain vokal para pemain dari Kemenbudpar yang tidak begitu jelas. Maklumlah vokal mereka tidak biasa dipanggung jadi nyaris tak terdengar dibandingkan dengan suara pemain profesional yang lantang dan penuh inprovisasi. Kendati tampil apa adanya, justru pemain dadakan itu membuat kelucuan tersendiri.

Kelancaran pementasan ini, membuat Kemenbudpar berencana akan menggelar pementasan lagi. Namun kesenian yang ditampilkan bisa jadi bukan hanya Ketoprak tapi kesenian tradisional lainnya. “Kalau mau wartawan juga bisa ikut main,” tantang Mahendra usai pertunjukan.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Bowo

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP