. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 12 Desember 2010

Nilai Lebih Bersnorkeling di Pink Beach



Pantai berpasir puith dan lembut di dunia ini banyak. Tapi yang pasirnya halus berwarna merah muda hanya segelincir. Salah satunya di Pulau Komodo, Taman Nasional Komodo (TNK), Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Orang lokal menamainya Pantai Merah. Turis asing menyebutnya Pink Beach. Apa kelebihannya?

Nama Pink Beach cukup tersohor di kalangan wisatawan mancanegara yang senang berwisata bahari. Pasalnya pantainya selain berpasir halus, pun berwarna merah muda. Konon pasirnya itu berasal dari pipe corral atau terumbukarang berbentuk pipa yang mati secara alami kemudian hancur menjadi butiran halus pasir berwarna merah muda. Uniknya, tak jauh dari pantai ini, ada pantai lain yang pasirnya berwarna putih.

Di bentangan pasir Pink Beach, turis asing biasanya berjemur sepuasnya. Hamparan lautnya yang tenang dengan aneka terumbu karang serta ikan hias, menggoda siapapun untuk berenang, bersnorkeling, dan menyelam (diving).

Panoramanya pun indah. Pantai ini berlatar belakang perbukitan coklat yang tak sulit didaki. Bentuk bukitnya ada yang menyerupai stupa candi. Ada juga bentangan tebing karang yang menantang untuk dipanjat.

Pink Beach berada di Pulau Komodo. Lokasinya dapat dicapai lewat darat maupun laut. Kalau dengan perahu motor sekitar 30 menit dari Loh Liang atau pintu masuk merangkap loket ke Pulau Komodo. Bila menyusuri pantai dari Loh Liang memakan waktu lebih kurang 4,5 jam melewati hutan bakau dan gugusan tebing karang.

Kalau Anda ke TNK tanpa ke Pink Beach untuk ber-snorkeling atau sekadar berjemur di bentangan pasir merah mudanya, rasanya kunjungan Anda belum lengkap. Selain Pantai Merah, obyek wisata yang sama dengan terumbu karang dan pantai landai, terdapat di Pulau Lasa dan Pulau Padar.

Keberadaan Pink Beach ini menjadikan kawasan konservasi ini semakin lengkap keindahan panoramanya. Tentunya selain kekhasan penghuninya yakni biawak purba raksasa bernama Komodo yang oleh warga setempat memanggilnya Ora, sedangkan wisman bule menyebutnya dragon. Karenanya amat patut bila TNK masuk 7 keajaiban warisan alam dunia. Untuk mewujudkan itu, sebaiknya Anda bukan hanya sekadar memuji dan mengunjunginya, pun harus me-votingnya di http://www.new7wonders.com/community/en/new7wonders/new7wonders_of_nature/voting.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

NB.: ingin menikmati lirik lagu tentang Pink Beach, unduh saja
http://pujanggapengembara.blogspot.com

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP