. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 29 November 2010

Rakornas Kemenbudpar Digelar 2 Hari


Rapat koordinasi nasional (Rakornas) Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) akan digelar dua hari mulai Rabu sampai dengan Kamis, (1-2/12/2010) di dua tempat yakni Balairung Gedung Sapta Pesona dan Hotel Millenium, Jakarta.

Pembukaan Rakornas Kemenbudpar 2010 berlangsung pada hari pertama di Balairung, Gedung Sapta Pesona, Jakarta. Menbudpar Jero Wacik dijadualkan akan menjadi pembicara utama (keynote speaker) dalam Rakornas ini. Sementara Menko Perekonomian Hatta Radjasa direncakana yang akan membuka Rakornas ini.

Pada hari kedua, Rakornas akan dilanjutkan dengan pembahasan komisi-komisi di Hotel Millenium, Tanah Abang, Jakarta.

Sejumlah perkembangan kinerja Kemenbudpar baik dibidang Kebudayaan maupun Pariwisata akan dipaparkan Jero Wacik. Perkembangan Di bidang Kebudayaan antara lain hasil pengakuan dunia terhadap warisan budaya takbenda Indonesia oleh UNESCO, inventarisasi pencatatan karya budaya takbenda, lomba cipta seni pelajar tingkat nasional, produksi film nasional penghargaan kebudayaan, permuseuman, dan peraturan perundang-undangan bidang budaya.

Jero Wacik sebelumnya menyatakan ada 4 warisan budaya takbenda Indonesia yang sudah diakui UNESCO yakni Wayang pada tahun 2003, Keris (2005), Batik (2009), dan Angklung (2010). Tahun 2010 tari-tarian tradisi Bali dan kerajinan tradisional Noken asal Papua, paling lambat tanggal 31 Maret 2010 harus diterima UNESCO). “Tahun 2011 Tari Saman asal Aceh masuk dalam penetapan UNESCO untuk kategori daftar perlindungan mendesak (urgent safeguarding list). Tinggal menunggu keputusan sidang UNESCO di Bali, November 2011,” jelasnya.

Perkembangan di bidang Kebudayaan yang rencananya akan dipaparkan Jero Wacik antara lain perkembangan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus), tingkat penghunian kamar (TPK) hotel, investasi, sertivikasi tenaga kerja pariwisata, dan perkembangan visit Indonesia termasuk Vote Komodo.

Dalam kesempatan sebelumnya, Jero Wacik sudah menerangkan bawah program Visit Indonesia yang dimulai pada 2008 berhasil memacu daerah-daerah untuk membuat kegiatan visit daerah masing-masing antara lain Visit Lampung 2009 dan 2010, Visit Musi 2010, Visit Manado 2010, Visit Bangka Belitung 2010, Visit Kalbar 2010, Visit Bengkulu 2010, Visit East Java 2010, Visit Riau 2010, Visit Makassar 2011-1015, Visit Aceh 2011, dan Visit Lombok-Sumbawa 2012.

“Kemenbudpar juga memprakasai kampanye Vote Komodo (Taman nasional Komodo dalam rangka pemilihan New7wonder of Nature atau tujuh keajaiban dunia untuk kekayaan alam, yang hasil akhirnya akan diumumkan pada tanggal 11 November 2011,” terangnya.

Sampai siang ini, panitia penyelenggara masih mempersiapkan acara untuk pembukaan Rakornas Kemenbudpar, Rabu. Para pengisi acara antara lain atraksi 6 wayang yang akan tampil secara bergantian antara lain wayang orang dan wayang kulit, masih melakukan gladi kotor terakhir di Balairung.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Ilham Irhamna, Pusformas, Kemenbudpar

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP