. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 26 November 2010

Target 10 Besar Via Visit Makassar dan Beyond 2011-2014



Kota Makassar hingga tahun ini masih berada di peringkat 17 dari 18 kota destinasi atau tujuan wisata di Indonesia. Lewat program Visit Makassar & Beyond 2011-2014 yang digelar oleh Pemkot Makassar dan Pemprov Sulsel, optimis harus dapat masuk 10 besar.

Begitu keoptimisan Menbudpar Jero Wacik yang dilontarkannya sebelum meluncurkan Visit Makassar & Beyond 2011-2014 di Balairung Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (26/11/2010). “Tahun 2011, Indonesia menjadi Ketua ASEAN yang pasti akan banyak meeting digelar di Indonesia. Kalau Kota Makkasar menunjukkan kondisi yang aman dan baik, saya akan melempar beberapa meeting ASEAN dan event internasional lain ke Makassar guna menjaring wisman. Dengan begitu saya optimis Makassar bisa masuk 10 besar tujuan wisata di Indonesia pada 2014,” jelasnya.

Jero Wacik menjelaskan ada 5 syarat sebuah destinasi diminati wisatawan dan kemudian menjadi unggulan. Kelima syarat itu adalah keindahan alam, kekhasan dan keunikan budaya, keramahan manusianya, kelezatan dan keberagaman makanannya serta keterjangkauan biayanya. “Alam Makassar dan daerah lainnya di Sulses indah seperti Bantimurung, Toraja dan lainnya. Budaya di Makassar dan daerah lainnya menarik, baik pakaian tradisonalnya, tarian, musik, dan kehidupannya. Begitu pula manusianya yang terkenal berani dan suka melanglangbuana. Makanannya sangat bervariasi dan terkenal nikmat seperti Cotto Makassar, Barongkok dan bermacam ikan bakar. Dan tak kalah penting untuk berwisata di Makassar dan daerah sekitarnya, biayanya masih relatih murah dan terjangkau wisatawan,” jelas Jero Wacik.

Kalau selama 4 tahun program ini berjalan dengan biak, sambung Jero Wacik pasti mampu menarik wisman dan wisnus dalam jumlah besar ke Makassar dan daerah lainnya di Sulsel.

Menurut Walikota Makassar Ilham Areif Sirajuddin untuk mensukseskan program ini dan mencapai target yang signifikan, Pemkot Makssar sudah melakukan berbagai persiapan antara lain pendekatan dan penyuluhan program sadar wisata kepada masyarakat Kota Makassar. Menurutnya penyuluhan sadar wisata ini sangat berimplikasi kepada kultur masyarakat Makassar yang terlanjur dicap keras dan kerap melakukan kegiatan yang menimbulkan kerawanan.

“Dengan penyuluhan sadar wisata ini, Insya Allah karakter masyarakat Bugis Makassar, Mandar, dan Toraja bisa selalu ramah menerima wisatawan yang datang. Mudah-mudah dengan program Visit Makassar & Beyond ini, memberi keyakinan kepada wisman dan wisnus untuk tidak segan-segan datang ke Makassar,” jelasnya.

Makassar dan daerah lain di Sulsel memiliki beragam obyek wisata baik sejarah, budaya, bahari, dan kuliner. Rekomendasi obyek wisata yang dapat dikunjungi wisman dan wisnus bertepat dengan Visit Makasar & Beyond di Makassar dan daerah lain di Sulsel antara lain city tour Makassar ke Benteng Fort Roterdam, Makam Diponogoro, Somba Opu Souvenir, Pelabuhan Phinisi Paotere, arena bermain Trans Studio Theme Park, Waterfront Area, dan Pantai Losari. Sedangkan obyek di luar Kota Makassar antara lain Taman Nasional Bantimurung dengan Airterjun Bantimurung yang bertingkat-tingkat, Goa bersejarah Leang-Leang di Maros, kuliner Cawiwi di Sidrap, dan keindahan alam dan budaya di dataran tinggi Toraja.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@ayahoo.com)
Foto: Adji & Rozi-Purformas Kemenbudpar

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP