. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 27 November 2010

Pascaerupsi Miror Bromo, Wisman Masih Berdatangan


Sehari setelah Gunung Bromo, Jawa Timur meletus kecil, beberapa wisatawan mancanegara (wisman) dan lokal masih berdatangan untuk melihat pesona letusannya. Namun sejumlah hotel yang berdekatan dengan gunung ini, sepi pengunjung karena beberapa calon tamu membatalkan kunjungannya.

Bukan hanya hotel, sejumlah rumah penduduk yang biasa disewakan untuk para turis juga tutup, lantaran merununnya kunjungan wisman. Penurunan jumlah wisatwan karena Sejumlah Biro perjalanan di Jawa Timur mengalihkan rute perjalanan, dari Bromo ke Malang atau Batu dan lainnya. Hal ini dijelaskan Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Jatim, Haryono Gondosoewito, Jumat (26/11/2010).

Sejak meletus kecil, kemarin, kawasan radius 3 Km dari kawah Bromo disterilkan, termasuk lautan pasir.

Kendati berstatus Awas Bromo, tak membuat surut wisatawan yang ingin menikmati keindahannya. Sejak meletus sampai hari ini, masih ada beberapa turis datang dan mengamati Gunung Bromo dari Penanjakan, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Ada dari Jakarta, Kalimantan, dan luar negeri.

Gunung yang berada di ketinggian 2.392 meter terakhir meletus 8 Juni 2004, menyebabkan dua orang tewas. Ketika itu tinggi letusan abu panas mencapai 3 Km. Ironisnya, korban tewas wisman asal Singapura, yang tengah menikmati pemandangan di kawasan kawah Gunung Bromo. Korban tewas akibat lontaran material vulkanik berupa batu dan kerikil panas dan mayatnya ditemukan tertimbun pasir di tangga menujuh kawah.

Untuk menjaga keamanan pengunjung dan antisipasi letusan Bromo kali ini, Kepolisian Daerah Jawa Timur menyiapkan sedikitnya 1 satuan setingkat kompi (SSK).

Alam Gunung Bromo dan sekitarnya sudah cantik ditambah kekhasan tradisi budaya dan kehidupan Suku Tengger yang mendiaminya. Wajar rasanya kalau pesonanya mampu menghipnotis wisman dan nusantara termasuk para selebritis. Saat aktivitasnya mereda, gunung aktif ini ramai dikunjungi wisatawan. Dan kini, ketika meletuspun, tetap diminati.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP