. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 26 November 2010

ITA 2010 Tambah 2 Kategori Baru


Indonesia Tourism Award (ITA) 2010 yang digelar SWA bekerjasama dengan Kemenbudpar menambah 2 kategori besar baru yakni penghargaan khusus (special award) kepada pemerintah provinsi yang paling berkomitmen terhadap pengembangan pariwisata. Dan satu kategori lagi, obyek wisata terfavorit.

Demikian keterangan Pemimpin Redaksi Majalah SWA, Kemal E. Gani di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (26/11/2010). Keenam kategori besar ITA 2010 tersebut adalah kota/kabupaten terbaik layanan wisata, kota tujuan wisatawan terfavorit, obyek wisata terfavorit, industri penunjang wisata terfavorit, penghargaan khusus (special award), dan kategori provinsi terbaik dalam pengembangan pariwisata.

“Survei ini dilakukan kepada kota-kota di Indonesia untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pelayanan pemerintah daerah/kota dalam melayani para wisatawan. Faktor pelayanan terhadap wistawan itu sangat penting,” terang Kemal.

Berdasarkan besarnya anggaran yang dialokasikan dalam APBD dan usulan dari diskusi Tim Redaksi SWA, ada 25 kota besar yang disurvei tingkat layanan wisatanya.

Dengan adanya survei ini, sambung Kemal diharapkan pemerintah daerah dan kota daerah berlomba meningkatkan pelayanan pariwisatanya untuk wisatawan. “Kalau wisatawan puas dengan pelayanan saat berkunjung ke kota, daerah atau obyek wisata tersebut pasti mereka akan berkunjung lagi. Atau yang lebih baik lagi wisatawan tersebut mengabarkan kepuasannya kepada teman-teman atau sanak keluarganya hingga mau juga berkunjung, “ jelasnya.

Dirjen Pemasaran Pariwisata, Kemenbudpar Sapta Nirwandar mendukung penyelenggaraan ITA ini mengingat penghargaan ini dapat mendukung dan memotivasi pengembangan pariwisata kota atau daerah. “Penghargaan ini memacu semangat pemerintah daerah maupun kota serta pelaku industri wisata untuk melakukan layanan terbaik kepada wisatawan,” jelasnya.

Personil tim survei, Suryadi, menjelaskan kategori industri penunjang pariwisata terfavorit dibagi 17 sub kategori yakni maskapai penerbangan terbaik yang terbagi 2 airline layanan penuh dan penerbangan murah. Sub. Sub kategori restoran terbagi 4 yakni restoran seafood, Padang, Jawa, dan Restoran Sunda. Sub kategori mall terbagi 3 yakni mall Jakarta, luar Jakarta & luar Jawa. Lalu ada sub kategori Spa, travel agent, golf, taksi, dan hotel yang terbagi 4 su kategori yakni hotel bintang 5, 4, 3, dan non bintang. “Hotel 1 dan 2 tidak diukur karena terlalu banyak”, kata Suryadi.

Ada 9 aspek penilaian untuk kategori kota/kabupaten terbaik layanan wisatanya, yakni kebersihan, informasi wisata, kewajaran biaya, keunikan obyek, promosi, keragaman obyek, keamanan, dan keramahan. Ditambah dengan rekomendasi dari wisatawan terhadap obyek kota tersebut.

Untuk kategori pemerintah provinsi yang paling berkomitmen terhadap pengembangan pariwisatanya diukur berdasarkan kompetisi program. Termasuk special award kepada daerah yang dengan keterbatasan tetap berkomitmen mengembangkan industri pariwisatanya.

Survei sudah dilakukan sejak 16 Agustus sampai dengan 14 Oktober 2010 dengan responden yang terdiri atas 1.470 wisnis dan 149 wisman. “Di tiap kota jumlah responden yang disurvei berkisar 60-90 wisatawan,” jelas Suryadi.

Pengumuman peraih ITA 2010 akan berlangsung di Grand Studio MetroTV, Jakarta pada 2 Desember 2010.

Sebagai pengingat, pemenang penghargaan Indonesia best destination ITA 2009 ada 10 kota/daerah. Peringkat pertama diraih Yogyakarta, disusul Kota Denpasar (Bali), dan Kabupaten Malang (Jawa Timur) di posisi ketiga.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP