. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 07 November 2010

Tanam Terumbu Karang di Festival Pulau Seribu 2010



Festival Pulau Seribu 2010 yang akan berlangsung 14 November nanti diisi sejumlah acara bertema kebaharian dan lingkungan. Salah satunya penanaman terumbu karang di beberapa titik. Festival yang digelar Pemkab Kepulauan Seribu bekerjasama dengan Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu ini mengundang 30 kedutaan dan wisatawan.

Dalam jumpa pers di Marine Batavia, Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Sabtu malam (6/11/2010), Bupati Kepulauan Seribu Achmad Lutfi yang baru menjabat beberapa bulan menjelaskan tujuan festival ini untuk mempromosikan destinasi pariwisata kepulauan seribu. ”Belum semua warga Jakarta yang tahu obyek-obyek wisata di Kepulauan Seribu. Lewat festival ini mudah-mudahan dapat menarik lebih banyak lagi warga Jakarta yang berwisata ke Kepulauan Seribu,” jelasnya.

Acara bertema lingkungan lainnya yang juga akan diadakan dalam meramaikan festival ini adalah penanaman pohon. Aksi lingkungan ini akan dilakukan oleh para duta negara yang diundang.

Beberapa lomba juga akan digelar antara lain lomba renang antar pulau bagi umum, lomba masak bagi kedutaan, lomba panjat pinang juga untuk umum, dan lomba perahu hias bagi masyarakat setempat.

Dalam festival ini juga akan dipamerkan beragam produk unggulan dan makanan tradisional masyarakat pesisir dalam sebuah bazaar. Acara berlangsung mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

”Khusus lomba renang, peserta harus menyeberangi Pulau Panggang ke Pulau Karya yang berjarak sekitar 200 meter dengan berenang. Jaraknya pendek tapi arus lautnya kencang, biasanya yang ikut penduduk sekitar yang jago renang, tapi ini terbuka untuk umum khususnya wisatawan yang memang pandai berenang di laut,” jelas Wakil Bupati Kepulauan Seribu Natsir Sabara.

Kasudin Parbud Kepulauan Seribu Sahat Sitorus menambahkan lomba-lomba yang diadakan dalam festival ini adalah lomba yang diminati masyarakat pulau terutama lomba renang dan panjat pinang. ”Masing-masing lomba pastinya ada hadiahnya untuk menarik peserta,” jelasnya

Festival Pulau Seribu 2010, lanjut Sahat semula digelar oleh Dinas Pariwisata DKI Jakarta bernama Marine Festival. Namun mulai tahun ini bernama Festival Pulau Seribu yang akan menjadi event tahunan tetap Kabupaten Kepulauan Seribu. ”Untuk tahun ini memang belum ada incentif buat masyarakat yang akan datang ke festival ini karena keterbatasan dana. Harapan kami festival pada tahun-tahun berikutnya, kualitasnya lebih baik,” terangnya.

Sekjen Gabungan Pengusaha Wisata Bahari (Gahawisri) Didien Junaedi menilai festival ini melibatkan masyarakat lokal dan berkonsep lingkungan sesuai dengan pengembangan pariwisata bahari yang harus berbasis masyarakat dan lingkungan. ”Budaya yang ditampilkan tentu budaya pesisir mengingat di Kepulauan Seribu yang menetap bukan hanya orang Betawi tapi juga ada orang Jawa, Bugis, Buton, dan lainnya,” jelasnya.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: dok ist.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP