. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 05 November 2010

Rinjani Trek Juara Pertama CIPTA Award 2010



Rinjani Trek di Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Lombok, Nusa Tenggara Barat, meraih juara pertama penghargaan Citra Pesona Wisata (CIPTA) 2010 untuk kategori pengelola Lembaga Swadaya Mayarakat (LSM). Rinjani Trek mengalahkan 89 peserta dari 15 provinsi yang ikut. Jalur trekking Rinjani selama 3 hari ini merupakan salah satu jalur treking terbaik di kawasan Asia Tenggara.


Penyerahan piala dan piagam serta uang tunai Rp 25 juta diserahkan langsung oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik di Hotel JW Marriott Jakarta, Kamis(04/11/2010) kepada peraih juara pertama. Sedangkan juara kedua untuk kategori ini diraih Sangeh (Bali), dan ketiga Kawasan Wisata Penyu Kepulauan Derawan, Berau (Kaltim). Masing-masing mendapat uang Rp 20 juta dan Rp 15 juta.

Rinjani Trek dikelola secara kemitraan dengan TNGR, sektor swasta termasuk industri pariwisata Lombok, dan wakil dari masyarakat. Masyarakat sekitar mendirikan koperasi yang mengkoordinir kegiatan trekking di Rinjani Trekking Center Senaru, Rinjani Information Center, dan Rinjani Trekking Sembalun-Lawang.

Tiap trek center menerapkan sistem giliran bagi pemandu dan porter, termasuk kegiatan tur desa. Penghasilan dari aktivitas pariwisata dan biaya masuk TNGR digunakan untuk konservasi, pelatihan, manajemen, dan membantu TNGR melakukan pemeliharaan jakur trekking.

Pengawasan aktivitasnya dilakukan Badan Pembina Trekking Rinjani bekerjasama dengan TNGR dan pemerintahan darah dinas pariwisata setempat serta dibantu sektor industri pariwisata, dan masyarakat.

Kegiatan yang dapat dilakukan di Rinjani Trek ini antara lain mendaki gunung, berkemah, dan menikmati panorama alam Pulau Lombok, Danau Segara Anak, Sebai, dan Gunung Baru. Selain itu juga penelitian, menikmati fenomena alam, sumber air panas, mandi, pengmatan satwa, menjelajahi hutan. Buat yang senang budaya, setiap bulan Maulud di Danau Segara Anak kerap menjadi tempat atraksi budaya pakelem atau memandikan keris.

Bagi pendaki gunung dan para penggiat alam bebas, Gunung Rinjani merupakan gunung favorit yang menjadi impian untuk didaki. Sedangkan bagi masyarakat Pulau Lombok, khususnya Suku Sasak dan Suku Bali, gunung cantik ini merupakan istana para dewa. Selain pendaki, Kawah Danau Segara anak menjadi tujuan wisata ribuan peziarah setiap tahunnya. Musim kunjungan terbaik ke gunung berketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini pada Agustus sampai Desember setiap tahunnya.

Peraih CIPTA Award yang pertama kali digelar Ditjen Pengembangan Destinasi pariwisata (PDP), Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) untuk kategori Pengelola Instansi Pemerintah dan Pemda: juara pertama Taman Nasional Tanjung Puting (Kalteng), kedua Tanah Lot (Bali), dan ketiga Taman Laut Iboih (Aceh). Sedangkan kategori Pengelola BUMN, BUMD, dan BUMS: juara pertama Elevent Safari Park (Bali), kedua Amanwana Resort di Pulau Moyo (NTB), dan juara ketiga Kebun Wisata Pasir Mukti (Jabar). Untuk kategori Best of The Best tidak ada pemenangnya.

Kendati lomba penghargaan kepada pengelola daya tarik wisata alam pro lingkungan ini berjalan sukses, namun Jero Wacik mengaku sedikit kecewa lantaran 18 provinsi tidak ikut. ”Apakah karena surat undangannya tidak sampai atau gubernurnya yang ngantuk, sehingga tidak mengikutsertakan obyek daya tarik wisata alamnya. Padahal semua provinsi kita punya obyek tarik wisata alamnya. Salah sendiri tidak ikut, jadi kehilangan kesempatan masuk nominasi dan menjadi juara,” terang Jero Wacik.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus2yahoo.com)
Foto: Ilham, Kemenbudpar & Dok. ist

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP