. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 09 November 2010

Pendakian ke Mahameru Ditutup Tiga Bulan Kedepan


Pendakian ke Mahameru, puncak Gunung Semeru di Jawa Timur ditutup selama 3 (tiga) bulan kedepan menyusul hujan deras dalam beberapa hari ini disertai dengan peningkatan jumlah letusan sebanyak 81 kali. Hujan deras dan letusan tersebut mengakibatkan terjadi longsor di beberapa titik pendakian.

Ada sejumlah titik longsor yang terjadi disejumlah jalur pendakian gunung berketinggian 3.658 meter di atas permukaan laut ini, diantaranya Batu Rejen terjadi longsoran sepanjang 15 meter. Titik longsoran lainnya di Blok Kelik, Arcopodo yang berbatasan dengan Pos Kalimati, terjadi longsor sepanjang 25 meter yang mengakibatkan sekurangnya 10 rambu-rambu pendakian hilang tertutup longsoran.

“Adanya longsoran juga berdampak pada penutupan jalan dan rambu-rambu pendakian yang tertutup dan terbawa longsoran. Jalur pendakian akan kita tutup mulai Jumat depan” kata Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Nova Elina, Senin (8/11/2010).

Penutupan jalur pendakian ke gunung tertingi di Pulau Jawa ini, lanjut Nova bertujuan agar ekosistem di kawasan Semeru kembali terjaga. ”Dengan penutupan ini, bisa membuat ekosistem yang baru tumbuh dengan subur,” jelasnya.

Sementara selain longsoran, petugas Pos Pengamatan di Gunung Sahur mencatat tumbuhnya kubah lava serta lidah lava di Puncak Mahameru. Kendati begitu petugas TNBTS menilai itu biasa saja dan belum merupakan peningkatan aktivitas yang berarti.

Nova menegaskan penutupan jalur pendakian ke Gunung Semeru ada 4 alasan. Tapi secara prinsip, bukan karena aktivitas vulkanik. Melainkan cuaca buruk di sekitar kawasan Semeru. ”Saat ini potensi badai dan cuaca ekstrim di puncak Semeru sangat tinggi,” jelasnya.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Iwoe

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP