. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 19 November 2010

Macan Merapi Turun Gunung, Kera Eksodus


Sejumlah hewan yang mendiami kawasan Gunung Merapi antara lain kera ekor panjang, babi hutan, burung, dan macan turun gunung. Bahkan sejumlah kera eskodus ke gunung tetangga karena kepanasan dan kelaparan.

Menurut Kepala Seksi Wilayah II Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Boyolali, Jawa Tengah Joko Priyono, sejumlah satwa yang menghuni kawasan Merapi turun gunung karena habitatnya telah rusak akibat letusan Gunung Merapi. ”Tempat tinggal atau habitatnya hancur diterjang awan panas dan hujan debu Merapi,” jelasnya.

Hewan yang terlihat turun, lanjut Joko Priyono, antara lain kera dan burung. Sementara macan baru terlihat jejak kotorannya di Desa Wonopedut, Cepogo.

Warga di lereng Gunung Merbabu melihat ada ribuan kera dari lereng Gunung Merapi di Kabupaten Boyolali eksodus atau pindah dengan menyeberang ke lereng Gunung Merbabu yang bersuhu lebih dingin. Penyebabnya selain suhu di lereng Merapi masih panas, makanan kera di hutan musnah oleh letusan Merapi.

Di lokasi lain macan Merapi juga turun gunung, seperti terlihat di Dusun Karanganyar, Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah beberapa hari lalu. Dusun ini berjarak sekitar 6 Km arah Barat puncak Gunung Merapi.

Beberapa warga dusun ini bukan hanya mendengar auman macan tapi juga melihat sosoknya saat mengendap-endap mendekati kandang ternak seorang warga pada malam hari. ”Mungkin karena macan itu kesulitan mendapatkan makanan di tempatnya yang sudah porak poranda, jadi turun ke kampung kami,” kata seorang warga setempat.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Dok ist.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP