. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 24 November 2010

Kerugian Penutupan Kawasan Wisata Kaliurang Mencapai Rp 6 M



Kerugian akibat penutup-an kawasan wisata Kali-urang, terkait erupsi Merapi 2010 mencapai Rp 6 miliar. Pihak yang dirugikan terutama para pemilik hotel, rumah makan, dan pedagang asongan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Untoro Budiharjo di Jogja, Sabtu Malam (20/11/2010). “Akibat erupsi merapi sejak 26 Oktober 2010, sejumah hotel di Kaliurang tutup. Di Kaliurang ada 280 hotel. Omsetnya kalau tingkat huniannya 60 % kira-kira perharinya Rp 160juta. Sehingga total kerugian kurang lebih 20 hari totalnya sekitar Rp 3 miliar. Itu dari hotelnya saja, belum dari kerusakan museum, jalan, rumah makan, pedagang asongan, dan lainnya. Mungkin keseluruhannya bisa mencapai Rp 5-6 miliar,” jelas Untoro.

Kerusakan terparah menurut Untoro terutama hotel yang atapnya ambruk karena tidak kuat menahan debu merapi. Di samping itu ruas jalan dan jembatan yang jebol, dan sejumlah fasilitas obyek wisata. “Pihak Museum Ulen Setalu yang berada di kawasan Kaliurang, mengaku mengalami kerugian akibat kerusakan mencapai Rp 600 juta,” terang Untoro.

Selain Kaliruang, obyek wisata di Kabupaten Sleman yang rusak terkait erupsi Merapi lainya adalah Kaliadem, dan desa wisata. “Di Sleman ada 38 desa wisata. Yang hancur total karena letusan Merapi 2010 ada 3 desa wisata yakni Gondang, Kinaharjo, dan Petung. Sedangkan 14 desa wisata lainnya rusak ringan sampai dengan sedang. Sisanya utuh karena letaknya berjauhan dengan Merapi diluar radius 20 Km. Yang masih utuh antara lain Desa Wisata Malangan, Sendari, dan Melangi,” papar Untoro seraya menambahkan desa wsiata yang utuh tetap berjalan dan dibuka untuk umum.

Desa wisata yang rusak ringan dan sedang, akan segera dibenahi. Tapi yang rusak parah, belum bisa segera dibenahi mengingat letaknya dekat puncak Merapi dan kondisinya belum reda. “Kalau sekarang dibenahi lalu ternyata berdasarkan pemetaan Kawasan Rawan Bencana atau KRB baru, 3 desa itu tidak layak huni akan mubazir. Jadi sebaiknya kita tunggu sampai ada keputusan Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan pusat berdasarkan pemetaan KRB baru,” jelas Untoro.

Menurut Sekretaris Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kemenbudpar Winarno Sudjas, bantuan kucuran dana dari PNPM Mandiri untuk desa-desa yang hancur akibat letusan Merapi 2010 kemungkinan diperpanjang. “Sebenarnya PNPM Mandiri memberi kucuran dana antara 2-3 tahun berturut-turut. Tapi khusus desa wisata yang terkena bencana yang tidak diperhitungkan dari awal, akan dikajiulang. Misalnya yang tadinya bantuan dananya tahun depan selesai, mungkin diperpajang setahun lagi,” jelasnya di Jogja usai meninjau beberapa lokasi bencana di Kaliurang, Minggu pagi,(21/11/2010).

Kerusakan desa-desa wisata akibat bencana biasanya fisiknya. Sementara kerusakan fisik itu tidak termasuk dalam program PNPM Mandiri. “Fisik itu urusan PU, Kehutanan, Kehutanan, dan lainnya. Sedangkan PNPM Mandiri hanya sebatas pelatihan terkait jasa maupun produk pariwisata,“ jelasnya.

Vulkano Tracking
Berdasarkan masukan dari masyarakat, sambung Winarno, Kemenbudpar akan membantu mengembangkan paket wisata baru pascaerupsi Merapi 2010 yakni vulcano tracking di sekitar Gunung Merapi.

”Kita akan siapkan pelatihan pemandu untuk paket tersebut. Tapi yang tahu kebutuhan mereka apa saja, ada masyarakat setempat. Tapi yang jelas kalau yang sifatnya fisik seperti kehancuran hotel, jalan, dan lainnya itu tidak isa. Paling kita hanya menyakinkan investor dan instansi terkait,” terangnya.

Bila banyak wisatawan yang tertarik dengan paket tersebut, lanjut Winarno otomatis akan menumbuhkan kios-kios cendera mata, makanan kecil dan lainnya.

Pelaksanaan paket tersebut tentu menunggu kesiapan dari masyarakat itu sendiri. ”Kalau masyarakat Kaliurang maunya sesegera mungkin karena mereka banyak yang sudah kehilangan mata pencaharian. Yang pasti kau sudah siap, pasti akan segera dijual,” jelasnya.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP