. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 23 November 2010

IMT GT Berkepala Tapi Tak Berbadan



Kerjasama segitiga pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT GT) seperti berkepala tapi tidak berbadan. Pasalnya meski sudah berusia 17 tahun tapi belum berjalan maksimal bahkan banyak pihak swasta yang tidak tahu. Padahal swasta menjadi pemeran utama dalam meningkatkan kerjasama ekonomi di tiga negara ini.

Begitu antara lain hasil penelitian yang dilakukan Pusat Penelitian Pengembangan Pariwisata (Puslitbangpar), Badan Pengembangan Sumber Daya (PSD), Kementerian Kebudayaan dan Pariswisata (Kemenbudpar) seperti disampaikan Desty Murniati, salah seorang anggota tim peneliti di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin, (22/11/2010).

Kurangnya sosialisasi dan promosi mengenai IMT GT dan program-programnya, sambung Desti membuat banyak pisak swasta yang belum tahu keberadaannya. “Kerjasama IMT GT ini perlu dievaluasi ulang untuk mengetahui mengapa sampai kini belum berjalan optimal dan belum memasyarakat,” jelasnya.

Hasil penelitian ini juga menilai Thailand lebih siap dan tanggap memanfaatkan peluang kerjasana IMT GT ini. “Website mereka sudah berjalan dengan baik, sementara Malaysia dan Indonesia belum dimanfaatkan secara maksimal,” terangnya.

Penelitian ini juga merekomendasikan supaya dibuat paket bersama 3 negara. “Misalnya membuat paket kesehatan di Malaysia, paket kecantikan di Thailand, dan paket Spa di Indonesia yang bersinergi,” imbuhnya.

IMT-GT, lanjut Desty dibentuk oleh pemerintah Indonesia, Malaysia, dan Thailand pada tahun 1993. Wadah ini terdiri dari 14 provinsi di Selatan Thailand, 8 negara bagian di Semenanjung Malaysia, dan 10 provinsi se-Sumatera di Indonesia. Tujuannya kerjasama subregional ini untuk mempercepat transformasi ekonomi di masing-masing negara anggota.

Kerangka kerjasama IMT-GT meliputi bidang pertanian, pengembangan Sumber Daya Manusia, pariwisata, transportasi, teknologi, telekomunikasi, perdagangan, dan hubungan udara.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Dok. IMT GT Sumut

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP