. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 25 Agustus 2010

Indonesia Tampilkan Tari Saman dan Lenso di Belanda


Pemerintah Indonesia akan mengadakan Indonesia State Dinner atau Jamuan Makan Kenegaraan di Kurhaua Hotel, Den Haag, Belanda yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ratu Beatrix, tanggal 7 Oktober mendatang.

“Dalam acara santap malam pada kunjungan kenegaraan itu akan ditampilkan Indonesia Cultural Performance dengan menyuguhkan antara lain Tari Saman dari Aceh dan Tari Lenso dari Maluku”, kata Pelaksana Tugas Direktur Promosi Luar Negeri, Ditjen Pemasaran, Kementerian Kebudayaan Pariwisata (Kemenbudpar), Syamsu Nusa.

Terkait dengan acara tersebut, Ditjend Pemasaran Kemenbudpar menggelar audisi Tari Saman di Gedung Sapta Pesona Kemenbudpar, Selasa (24/8/2010). Ada sembilan tim Tari Saman 5 dari sekolah dan 4 sanggar tari yang ikut audisi yakni SMP Islam Al Ikhlas Jakarta, SMA Islam Al Izhar Pondok Labu, SMA Dian Didaktika Islamic School Cinere, SMA Islam Al Azhar 1 Kebayor an Baru, SMA Negeri 68 Jakarta, Sanggar Gema Citra Nusantara, Diah Group, Sanggar Tari Pimpinan Ayoub, dan Blitarose Dancer.

Kesembilan tim tersebut diaudisi oleh tiga juri, yaitu Triesna Wacik (istri Menteri Pariwisata Jero Wacik), Wahyuni Saptatinah (Kepala Bagian Museum dan Sanggar Seni Rumah Tangga Kepresidenan), dan Marjuki Hasan (dosen Institut Kesenian Jakarta) yang akan memilih satu tim terbaik untuk ikut dalam rombongan SBY ke Den Haag, Belanda.

Dalam audisi yang berlangsung sore hari, satu tim Tari Saman terdiri atas 12 penari menampilkan bermacam gerak Tari Saman berdurasi 7 menit.

Syamsu Nusa mengatakan, tim yang tidak berhasil terpilih tidak perlu berkecil hati. “Sebaiknya terus berlatih untuk berhasil di audisi-audisi berikutnya, mengingat tahun 2011 nanti sudah ada sekitar 100 event promosi luar negeri yang memerlukan tim tari sebagai cultural performance,” jelasnya seraya menambahkan sebelumnya sudah digelar audisi untuk Tari Lenso tanggal 20 Agustus lalu di Ambon yang berhasil memilih 6 orang penari Lenso dari Ambon.

Naskah & foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP