. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 19 Agustus 2010

Delapan Ajakan SBY Demi Indonesia Lebih Baik, Aman, & Lebih Maju


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak seluruh lapisan rakyat Indonesia termasuk pemerintah untuk kompak dan bersatu menciptakan Indonesia yang lebih baik, aman, dan lebih maju. Ada delapan butir ajakan SBY terkait hal itu. Beberapa butir ajakannya tentu erat hubungannya dengan perkembangan pariwisata Indonesia. Apa saja isi ajakannya?

Delapan ajakan SBY yang disampaikan dalam acara Silaturahim dengan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka), para teladan tingkat nasional, atlit berprestasi, Gita Bahana Nusantara 2010, peserta lomba foto pembangunan Indonesia 2010 dan lainnya di Hall D2, Jakarta International Expo, Kemayoran, Rabu malam (18/8), sebagai berikut:

1. Pandai-pandailah Bersyukur
Bersyukurlah karena kita menjadi bangsa yang merdeka, dan berhasil mengatasi cobaan yang datang silih berganti. Misalnya berhasil mengatasi terjangan krisis global, bahkan ekonomi kita tetap selamat dan tumbuh.

2. Cintai dan Bangga pada Bangsa & Negeri Sendiri
Jangan memperolok-olok diri atau bangsa sendiri, lalu memuja-muja bangsa lain. Seharusnya banggalah menjadi Bangsa Indonesia dan mencintai sepenuh hati. Sebab bangsa kita besar dan memiliki sejarah dan peradaban yang besar pula.

3. Saling Sayang, Rukun, dan Bersatu
Sebagai satu bangsa, jangan membeda-bedakan secara negatif. Jangan berhadap-hadapan meski berbeda politik. Semestinya selalu menjaga persatuan dan kesatuan sebagai bangsa yang majemuk.

4. Jangan Mudah Menyalahi atau Mencerca Saudara Sendiri
Jangan suka melihat kekurangan orang lain sampai lupa membenarkan kesalahan sendiri. Jangan hanya melihat sisi buruk orang lain tanpa melihat sisi baiknya. Bila masih berkutat menyalahi dan mencerca saudara sendiri, kita akan tertinggal dengan bangsa lain.

5. Cari Solusi Damai Terbaik
Bila terjadi perselisihan, perbedaan atau konflik sesama saudara se-Indonesia agar segera dicari solusinya yang terbaik secara damai dan musyawarah sesuai norma adat, ajaran agama atau pranata sosial. Bukan dengan kekerasan atau main hakim sendiri hingga jatuh korban sia-sia.

6. Tegakkan Kedaulatan Negara
Kalau ada yang mengganggu kedaulatan wilayah negara kita, harus kita lawan. Kalau ada daerah yang ingin memisahkan diri dari Indonesia harus dicegah dengan cara-cara yang baik. NKRI harus tetap untuh dan berdiri tegak.

7. Jaga Keamanan dan Kestabilan
Agar ekonomi kita tumbuh maka hukum harus ditegakkan, korupsi dan makelar kasus diberatas, dan para penyelenggara negara dari tingkat daerah hingga pusat harus bekerja sungguh-sungguh melayani rakyat. Agar negara maju, kita harus mengajak semua lapisan masyarakat baik LSM, dunia pendidikan, dan dunia usaha untuk bersama membangun bangsa dan negera ini. Jangan buat huru-hara. Politik harus stabil, dengan begitu ekonomi bisa tumbuh dan kesejahteraan rakyat meningkat.

8. Pemimpin dan Masyarakat Saling Dukung
Pemimpin harus mengayomi, menyayangi, dan membangun rakyatnya. Pemimpin tidak boleh membeda-bedakan masyarakatnya yang majemuk. Sementara masyrakat harus memberi dukungan penuh pemimpinnya tanpa melihat agamanya maupun partainya.

Kedelapan butir ajakan yang disampaikan SBY tersebut disambut tepuk tangan hangat dan meriah oleh undangan dari bermacam provinsi dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid 2.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP