. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 17 Agustus 2010

Berbagi Pengalaman Petualangan di Bukberpala 2010



Penggiat alam bebas se-Jakarta, Bogor, Depok, Tange-rang, dan Bekasi (Jabodetabek) menggelar buka puasa bersama di Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Minggu (15/8). Ada 20-an orang yang hadir dari beberapa komunitas pecinta alam. Selain diwarnai dengan obrolan hasil perjalanan lalu dan rencana kedepan serta perkenalan, pun diisi dengan berbagi pengalaman petualangan yang mencerahkan.

Usai kumandang azan magrib, peserta yang hadir berbuka puasa dengan minuman es kelapa dan penganan kecil. Dilanjutkan dengan shalat Magrib berjamaah dan makan bersama.

Selepas makan, acara diteruskan dengan sambutan dari perwakilan komunitas yang hadir antara lain Asih dan suami selaku tuan rumah, komunitas Purpala, Tim SAR Cikurai, dan Milist Pangrango. Isi sambutan mereka intinya sama mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya acara dan kehadiran peserta meskipun lokasinya jauh.

Acara buka bersama pecinta alam (bukberpala) dari berbagai komunitas untuk kali pertama ini diteruskan dengan sharing pengalaman, usai perkenalan seluruh peserta satu per satu.

Meskipun santai, acara berbagi pengalaman dadakan itu ternyata cukup berisi. Harley Bayu Sastha_pendaki gunung sekaligus penulis buku Mountain Climbing for Everybody ini berbagi pengalaman bagaimana caranya membuat buku pedoman mendaki gunung untuk umum pertamanya itu. “Yang terpenting kita tahu apa yang kita tulis dan tujuannya utuk apa,” jelas Ale, begitu sapaan akrabnya yang tengah menulis buku pendakian gunung seri kedua dan rencananya akan diterbitkan setelah Idul Fitri.

Lain lagi dengan Wahyu_petualang senior yang belum lama ini memimpin pencarian sejumah pendaki yang hilang di Gunung Cikurai, Garut, Jawa Barat. Selain menceritakan pengalaman suka dukanya sampai 6 kali SAR di gunung tersebut namun belum menemukan hasil, dia pun memberi sedikit wejangan bagaimana mengikuti SAR. “Sebaiknya pendaki yang ingin ikut SAR harus benar-benar siap baik secara fisik-mental, skill maupun peralatan. Jangan sampai justru merepotkan tim atau malah jadi korban yang di-SAR,” jelasnya.

Saya yang berlatar jurnalis dan diminta Ajhies selaku moderator untuk berbagi pengalaman seputar dunia jurnalistik petualangan, berkesempatan memaparkan bagaimana menulis hasil perjalananan sesuai apa yang dilihat, didengar, dan dialami ditambah data skunder kemudian di-publish ke media massa baik cetak maupun online.

Pada kesempatan baik itu, saya memberikan sedikit kiat agar pendakian yang dilakukan para penggiat alam bebas dapat bernilai plus dengan melakukan aksi konservasi, minimal membawa turun sampah sendiri, termasuk menghargai adat dan tabu penduduk setempat.

Setelah doa bersama, bukberpala 2010 ditutup dengan foto bersama. Kendati pencinta alam yang hadir tidak terlampau besar, namun peserta cukup antusias bertanya saat berbagi pengalaman. Mudah-mudahan sharing tersebut dapat memberi pencerahan baru yang positif dan diterapkan dalam setiap pendakian maupun petualangan lain berikutnya.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@ayahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP