. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 21 Juli 2010

Mendaki Cucu Krakatau dalam Festival


Seperti perayaan sebelumnya, Festival Krakatau 2010 yang akan berlangsung 24-25 Juli mendatang, diisi dengan pendakian ke Rakata, cucunya Gunung Krakatau. Festival yang diadakan untuk memperingati peristiwa bersejarah letusan Gunung Krakatau 1883 silam ini juga dimeriahkan dengan menyelam di Taman Bawah Laut Krakatau dan paralayang yang melibatkan komunitas hobiis.

Selain dua kegiatan bernuansa petualangan alam dan bahari itu, Festival Krakatau ke-20 ini akan didominasi dengan kegiatan adat dan budaya yang melibatkan masyarakat adat.

"Festival kali ini akan menonjolkan adat budaya di bumi Lampung," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung Gatot Hadi Utomo.

Ada sejumlah festival adat yang akan digelar oleh paguyuban masyarakat adat, seperti Festival Ngarak oleh Paguyuban Lampung Sai yang berisi bermacam adat istiadat dari pelbagai kebuaian (marga) adat di Lampung, baik Pepadun, Sai Batin maupun Melinting. Jumlahnya 67 marga ditambah undangan khusus masyarakat adat dari Komering dan Cikoneng, Banten.

Selain arak-arakan budaya pada Sabtu (24/7) di GOR Saburai, Bandar Lampung, juga ada upacara adat pemberian gelar adat kepada sejumlah tokoh pemerintahan seperti Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, Gubernur Lampung, dan Ketua DPRD Lampung oleh Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL).

Nah, dengan adanya Festival Krakatau 2010 ini, pendakian ke cucu Krakatau itu akan terasa lebih lengkap.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelpuls@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP