. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 16 Desember 2009

Soetta, Bandara Tepat Waktu Kedua di Dunia



Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) berhasil menduduki posisi kedua di dunia dari segi ketepatan waktu (ontime). Penilaian ini bisa jadi berpengaruh positif bagi peningkatan jumlah kunjungan wisman, mengingat bandara ini menjadi salah satu pintu masuk wisman ke Indonesia.

Situs perjalanan internasional Frobes Traveler menempatkan Soetta di Tangerang, Provinsi Banten sebagai bandara kedua di dunia yang memiliki ketepatan waktu tertinggi. Hanya kalah dari Bandara Haneda (HND), Tokyo, Jepang yang menduduki peringkat pertama.

Penilaian ini dilakukan Frobes Traveler selama 1 tahun dari 1 Agustus 2008 s/d 31 Juli 2009 terhadap 50 bandara tersibuk di dunia.

Peringkat Soetta yang beroperasi pada 1985 ini naik 4 peringkat, dari posisi keenam tahun lalu menjadi kedua tahun ini. Forbes Traveler juga mencatat berdasarkan Fligh-Seat, Soetta melayani setidaknya 32 juta penumpang tahun lalu.

Kendati penilaian ini cukup membanggakan, namun berdasarkan pengamatan dan pengalaman travelplusindonesia, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan oleh pengelola Soetta, seperti soal calo tiket, kebersihan di ruang tunggu, pedagang liar, keamanan di tempat parkir, sampai ketepatan waktu beberapa maskapai penerbangan.

Soalnya penulis pun pernah mengalami ada pesawat yang datang telat hingga terpaksa menunggu beberapa waktu sebelum take-off dari bandara ini.

Semoga saja, bandara yang rencananya akan direnovasi untuk menambah kapasitas sebanyak 10 juta penumpang ini semakin baik pelayanannya, sehingga bukan hanya berhasil menduduki peringkat pertama tahun depan tapi juga berperan besar dalam meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia.

Seperti tahun lalu, sejumlah bandara di Asia masih merajai nominasi dan berada di deretan 10 besar di antara 50 bandara internasional berdasarkan ketepatan waktu. Pasalnya banyak bandara di Asia yang baru dibuat atau direnovasi dengan menggunakan fasilitas terkini dan layanan yang semakin baik.

Berikut daftar 10 bandara terbaik di dunia dari segi ketepatan waktu versi Frobes Traveler:
1. Haneda (HND), Tokyo, Jepang yang merupakan bandara tersibuk di dunia dengan tingkat ketepatan waktu 91,4 %.
2. Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Indonesia (86,7%)
3. Narita International Airport, Tokyo, Jepang (86%).
4. Incheon International Airport, Seoul, Korea Selatan yang dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia oleh Dewan Airport Internasional (84,8%)
5. Suvarnabhumi Airport, Bangkok, Thailand
6. Minneapolis St Paul International Airport, Minnesota, AS
7. Bandara Kuala Lumpur International Airport, Malaysia.
8. Phoenix International Airport, Arizona, Detroit, AS
9. Detroit Metropolitan Wayne County Airport, Michigan, AS
10. George Bush Intercontinental Airport, Houston, Texas, AS

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP