. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 16 Desember 2009

Melacak Jejak Benteng di Museum BI



Mau tahu benteng apa saja yang ada di Jawa dan Sumatera? Datang aja ke pameran benteng bertajuk "Jejak Bastion Hollandia di Batavia" di Museum Bank Indonesia. Pameran ini berlangsung selama sebulan, sejak 15 Desember 2009 s/d 15 Januari 2010. Gratis lho.

Pameran ini merupakan hasil survey untuk menginventarisasikan benteng di Jawa dan Sumatera atas kerjasama antara Pemerintah Belanda, Passchier Architects and Consultants (PAC), Pusat Dokumentasi Arsitektur Indonesia (PDA), serta Dirjen Sejarah dan Purbakala, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar).

Hasilnya ada 177 benteng di Jawa dan Sumatera yang disurvey selama setahun dari 2008 s/d 2009. “177 benteng yang ditemukan 61 di Jawa dan 116 di Sumatera. Dari jumlah yang ditemukan hanya 5 % yang kondisinya relatif masih utuh, sisanya reruntuhan. Padahal ada 459 benteng yang ada di Jawa dan Sumatera tapi secara fisik sudah tidak dapat ditemukan lagi,” jelas Nadia Purwestri, koordinator riset survey benteng di Sumatera dan Jawa ini.

Benteng yang ditemukan, lanjut Nadia yang juga Direktur Eksekutif PDA, ada tiga tipe yakni benteng vernakuler atau benteng yang dibangun oleh orang Indonesia, termasuk didalamnya benteng tradisional dan benteng kerajaan. Kedua, benteng kolonial buatan Belanda, dan ketiga struktur pertahanan Perang Dunia (PD) I dan PD II seperti bungker dan lainnya.

“Sebagian besar benteng kolonial ditemukan di pusat kota. Beberapa benteng tradisional di pedesaan dan struktur PD II di pegunungan dan di pesisir pantai. Benteng-benteng di lokasi terpencil masih terbengkalai sedangkan beberapa yang ada di tengah kota sudah dikembangkan dan juga juga jadi obyek wisata,” papar Nadia.

Hasil survey benteng di Jawa dan Sumatera ini, tambah Nadia, kemudian dipamerkan di beberapa tempat sekaligus menjadi database buat Depbudpar untuk pengelolaan lebih lanjut.

Sebelumnya pameran benteng ini mengambil tempat di Museum Nasional, dan kini di Museum Bank Indonesia yang lokasinya di sebelah Museum Bank Mandiri, seberang halte busway TransJakarta, Beos-Kota. Tepatnnya di Jalan Pintu Besar Utara No 2, Jakarta Barat.

Nah, bila Anda punya waktu luang datang saja ke pameran ini bersama keluarga, kerabat ataupun sahabat. Museum Bank Mandiri buka Selasa-Minggu pukul 08.00-pukul 15.00, hari libur nasional tutup.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP