. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 17 Desember 2009

Paket Wisata Belanja Intan di Martapura


Mau tahu proses pendulangan intan di Martapura, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel)? Ikuti saja paket wisata ini yang juga bakal mengantarkan Anda ke sentra pasar perhiasan aneka batu aji, Pasar Terapung, dan Pulau Kambang dalam waktu 2 hari 1 malam.

Nama paketnya Diomond Shopping di Martapura, khusus program Sabtu dan Minggu (2 hari / 1 malam) dan juga akhir tahun.

Pada hari pertama (Sabtu), dari Jakarta menuju Banjarmasin untuk tur intan (diamond tour). Berangkat pagi dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta pukul 6.25 Wib dengan pesawat Garuda nomor penerbangan GA 530. Diperkirakan tiba di Bandara Syamsuddin Noor, Banjarmasin pukul 9.05 Wita.

Anda akan dijemput oleh pemandu wisata, kemudian langsung ke Desa Cempaka, tempat pendulangan intan. Di desa ini Anda dapat menyaksikan bagaimana orang-orang bekerja dengan peralatan sederhana dan tradisional mencari dan memilah-milah bebatuan intan kasar yang masih bercampur pasir dan lumpur.

Selepas itu ke tempat penggosokan intan (diamond workshop), melihat para pengrajin mengasah intan menjadi berlian berstandar internasional. Anda bisa bertanya sepuasnya tentang intan. Di tempat ini juga ada counter penjualannya.

Acara dilanjutkan ke Martapura untuk menjambangi Pusat Perbelanjaan Batu Permata “Cahaya Bumi Selamat”. Ada puluhan toko perhiasan batu permata dan souvenir lain dengan harga dan kualitas terpercaya. Bahkan ada beberapa koleksi perhiasan yang bersertifikat. Anda bisa berbelanja senyaman mungkin.

Sore hari Anda diantar ke Kota Banjarmasin untuk check in di hotel. Acara belanja berlian pun bisa dilanjutkan di hotel dengan mengundang penjual yang Anda inginkan.

Pasar Terapung
Pada hari kedua (Minggu) tur ke Pasar Apung dan Pulau Kambang. Berangkat sebelum subuh dari hotel menggunakan perahu bermotor menyusuri Sungai Martapura, melewati sungai-sungai kecil sebelum mencapai Sungai Barito. Di sungai terbesar di Indonesia dengan lebar rata-rata sekitar 1.000 meter inilah “Pasar Apung” (floating market) berada.

Anda bisa menyaksikan dan berinteraksi langsung dengan para pedagang yang didominasi para ibu yang bertransaksi jual beli aneka kebutuhan sehari-hari di atas perahu.

Selanjutnya ke Pulau Kambang yang berada di tengah sungai. Di sana terdapat primata yang menjadi maskot Kalsel yakni Bekantan, monyet berhidung panjang.

Setelah itu Anda diantar kembali menuju Martapura untuk merampungkan belanja Anda yang mungkin belum tuntas kemarin. Atau pilihan lain berkeliling Kota Banjarmasin sambil belanja oleh-oleh khas Banjarmasin.

Baru kemudian Anda diantar ke Bandara Syamsuddin Noor untuk kembali ke Jakarta. Pesawatnya GA 537 dengan jadwal penerbangan pukul 17.05 Wita. Diperkirakan tiba kembali di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta pukul 17.40 Wib.

Untuk menikmati paket tersebut minimal 2 orang dengan pilihan inap yang beragam, antara lain di Hotel Rodheta yang bintang 2, Victoria (3*), Swissbel (3*), Banjarmasin International (3*), Arum (4*), dan Hotel Rattan inn yang bintang 4.

Minimal peserta 2 orang, bila inap di Hotel Rodheta Rp 2 juta per orang. Kalau inap di hotel lainnya harganya jelas beda. Bila peserta semakin banyak, harganyapun jadi lebih murah. Harga tersebut sudah termasuk local transport, akomodasi (twin sharing), tour & transfer, makan sesuai program, tiket masuk ke tempat rekreasi sesuai acara, dan pramuwisata.

Harga tidak termasuk tiket pesawat (pp), airport tax, tur tambahan di luar jadwal, tips untuk pramuwisata, pengemudi, porter, biaya kelebihan bagasi, dan pengeluaran yang bersifat pribadi seperti telepon, minibar, dan laundry.

Untuk membeli paket ini, Anda bias menghubungi B-Travel di Jalan Garuda No. 57B, Kemayoran, Jakarta.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP