. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 16 Juni 2009

Vote Komodo di Pameran Wisata Jelajah Negeriku


Dalam rangka menyongsong liburan sekolah tahun ini, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia (Depbudpar RI) menyelenggarakan pameran wisata bertajuk “Pameran Wisata Jelajah Negeriku” di sejumlah mall di Jakarta dan Tangerang beberapa waktu lalu. Di pameran ini ada booth khusus Vote Komodo.

Pada sesi pertama, pameran ini mengambil tempat di Plasa Senayan (PS), Jakarta Pusat dan Summarecon Mall Serpong (SMS), Kawasan Gading Serpong, Tangerang selama 3 hari dari tanggal 5 s/d 7 Juni 2009. Pembukaan pameran berlangsung di Plasa Senayan (atrium) pada Jumat, 5 Juni 2009 dan dibuka untuk umum sejak pukul 10.00 – 21.00 WIB. Pameran sesi kedua akan berlangsung selama 3 hari pula, tanggal 12 s/d 14 Juni 2009 di Cilandak Town Square (Citos), Jakarta Selatan, dan Mall of Indonesia (MOI), area Kelapa Gading Square, Jakarta Utara.

Pameran Wisata Jelajah Negeriku yang pertama ini bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus menjual paket-paket destinasi atau obyek-obyek wisata yang ada di dalam negeri khususnya di luar Pulau Jawa dan Bali dengan harapan pengunjung pameran, terutama para orangtua, anak sekolah, guru, dan keluarga yang ingin berwisata dapat membeli paket-paket wisata dalam negeri yang menarik, indah, unik, dan mengesankan.

Pameran Wisata Jelajah Negeriku pertama ini sengaja lebih banyak mengambil lokasi di Jakarta, mengingat mobilitas pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) dari ibukota ini hingga 2009 sangat tinggi. Dengan adanya pameran yang menjual paket-paket destinasi dalam negeri ini, diharapkan masyarakat Jakarta dapat mengisi liburan tahun ini bersama keluarga dengan membeli paket-paket wisata dalam negeri. “Dengan pameran ini bukan cuma memberikan alternatif liburan di dalam negeri, juga sekaligus mendorong masyarakat kota untuk berwisata di dalam negeri, bukan ke luar negeri,” jelas Suriansyah, Kasubdit Promosi Tujuan Wisata III Depbudpar.

Pemilihan pusat perbelanjaan modern (mall) sebagai tempat pameran, mengingat mall sudah menjadi kebutuhan masyarakat kota bukan lagi sekadar gaya hidup. Dengan kata lain target pengunjung sudah tersedia di mall tersebut. Pengujung mall dapat berinteraksi langsung dengan pameran ini sambil menikmati hiburan ataupun berbelanja.

Pameran Wisata Jelajah Negeri di Plasa Senayan menghadirkan sejumlah stand dari Depbudpar dan stakeholder seperti maskapai penerbangan, biro perjalanan wisata, Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI), perhotelan dan lainnya. Yang menarik juga ada pemahat kayu dari Papua yang didatangkan langsung dari daerahnya.

Pada pembukaan Pameran Wisata Jelajah Negeriku pertama ini dimeriahkan dengan hiburan berupa Tarian Saman dan peragaan busana (fashion show) yang menampilkan beberapa pakaian tradisional. Pada Sabtu malam, mulai pukul 19.00 WIB pengunjung pameran di masing-masing mall akan dihibur oleh penyanyi/band ibukota, seperti Junior Aris di Citos, Pasto di SMS, Ecoutec di Citos, dan Ten 2 Five di MOI.

Menurut Dwita dari On Stage selaku event organizer pameran ini, yang menarik dari Pameran Wisata Jelajah Negeriku pertama ini, pengunjung yang membeli paket wisata dalam negeri langsung di pameran akan diundi dan berpeluang mendapatkan lucky draw berupa tiket pesawat gratis pergi-pulang ke sejumlah destinasi seperti Manado (Sulawesi Utara), Makassar (Sulawesi Selatan), Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Sumatera Barat, dan Riau. “Makanya ajak orangtua dan saudara datang dan beli paket wisata dalam negeri di pameran ini, siapa tahu beruntung mendapatkan lucky draw menarik itu, jadi untung berlipat,” seru Dwita.

Vote Komodo
Dibanding pameran wisata yang pernah ada di mall sebelumnya, Pameran Wisata Jelajah Negeriku pertama ini tampil beda dan terasa spesial. Sebab di pameran ini hadir booth khusus Vote Komodo, untuk memberikan kesempatan kepada pengunjung ikut serta memilih Pulau Komodo di internet agar terpilih menjadi salah satu keajaiban dunia baru versi Yayasan New 7Wonders. “Di booth khusus Vote Komodo, disediakan fasilitas internet untuk memudahkan pengunjung memberikan pilihannya,” jelas Dwita.

Menurut Suriansyah, rencananya Sapta Nirwandar selaku Dirjen Pemasaran Depbudpar akan menyelenggarakan pameran serupa di kota-kota lain dalam rangka yang sama yakni menyongsong liburan sekolah. Bahkan rencananya akan diadakan setahun dua kali, yakni menjelang liburan sekolah dan akhir tahun. “Harapan Depbudpar dengan pameran tersebut, tentunya dapat menjaring sebanyak-banyaknya pengunjung pameran agar membeli paket wisata di dalam negeri saja,” terangnya lagi.

Kalau Anda belum vote komodo, segera pilih Taman Nasional Komodo agar masuk dalam 7 keajaiban alam dunia. Caranya dengan melakukan vote di http://www.new7wonders.com/nature/en/vote_on_nominees.

Naskah & Foto: Adji K. (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP