. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 22 Juni 2009

10 Alasan Mengapa Anda Harus Mem-vooting Komodo



Ada 10 Alasan mengapa Taman Nasional Komodo layak terpilih sebagai salah satu 7 keajaiban dunia baru. Salah satunya karena menjadi habitat asli Komodo (Ora), satu-satunya kadal raksasa purba yang disebut dragon oleh turis asing. Masih ada 9 alasan lainnya. Ayo voting Komodo, waktunya sampai 7 Juli 2009 lho.


Kalau Anda pernah berkunjung ke Taman Nasional Komodo (TNK), Nusa Tenggara Timur (NTT), Anda tentu dapat merasakan dan melihat langsung perbedaaan alam dan juga penghuninya. Tentu Anda pun setuju bila kawasan konservasi ini terpilih menjadi salah satu 7 keajaiban dunia baru. Namun tentunya Anda harus memiliki email lalu mem-vootingnya via internet. Kalau Anda tidak memberikan pilihan tentu, harapan itu sia-sia belaka.

Kebetulan penulis TravelPlusIndonesia (TPI) pernah melihat dan merasakan alam dan penghuni TNK secara langsung. Oleh karena itu, penulis berani dan yakin seratus persen untuk memberikan pilihan dalam pooling internet kepada Taman Nasional Komodo agar terpilih menjadi salah satu 7 keajaiban dunia baru versi Yayasan New 7 Wonders.

Alasan pertama, tentunya karena di TNK ada hewan khas setempat yang menghuni kawasan tersebut jauh sebelum kawasan itu menjadi taman nasional yakni komodo yang oleh orang setempat disebut Ora.

Kedua, alam TNK memiliki tofografi berbeda, berupa dataran rendah hingga perbukitan dan bergunung-gunung dan dikelilingi perairan. Semua itu menghadirkan pesona dan tentunya mencuatkan dunia baru yang berbeda serta khas.

Ketiga, di kawasan ini ternyata dihuni manusia yang juga sudah lama menetap jauh sebelum berstatus taman nasional. Penghuni itu dinamakan orang komodo yang kini tinggal di Kampung Komodo. Keberadaan kampung dan orang komodo ini membuahkan kisah dan nuansa tersendiri bagi kawasan ini.

Keempat, selain komodo sebagai primadona TNK, kawasan ini juga memiliki flora dan fauna yang khas seperti rusa hutan, pohon lontar, padang savana dan lainnya. Semuanya itu menghadirkan warna tersendiri yang berbeda dengan kawasan lain.

Kelima, perairan di kawasan ini kaya akan sumber laut seperti ikan dan lainnya. Anda dengan mudah melihat ratusan ikan hias dan konsumsi yang hilir mudik di perairan tenang dan dangkal di sekitar taman nasional ini.

Keenam, obyek alam di kawasan ini beragam, indah dan menantang seperti mendaki Gunung Ara, melihat komodo dari dekat di Banu Nggulung, Poreng Sabita, Pulau Kalong, Pulau Rinca, Pantai Merah dan lainnya.

Ketujuh,unsur petualangan begitu terasa saat berada di kawasan ini. Sehingga bagi penikmat wisata petualangan dan keindahan alam tentunya akan sangat berkesan saat berada di kawasan ini.

Kedelapan, unsur penelitian berbagai penghuni kawasan ini mulai dari fauna, flora, cuaca, perairan sampai penghuni manusianya sangat menarik untuk dilakukan.

Kesembilan, kawasan ini di kelilingi pulau-pulau cantik dan eksotik, termasuk di luar taman nasional seperti Pulau Kanawa, Pungu, dan pulau lainnya yang juga kerap dikunjungi wisatwan karean keindahan dan kekhasannya.

Kesepuluh, rasa cinta akan keindahan dan kekhasan alam negeri sendiri, menjadi alasan mengapa Anda sebagai WNI Indonesia sepatutnya memilih Taman Nasional Komodo dalam voting di internet agar menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia baru.
jangan sampai kawasan atau taman nasional lain yang terpilih, sebab Taman Nasional Komodo memang sangatlah pantas menyandang gelar itu.

Sampai 30 Maret 2009 lalu, Taman Nasional Komodo menduduki peringkat ke-11 dari 56 nominasi yang masuk dalam Group F. Keseluruhan nominasi dalam kampanye tahap ke-2 ini adalah 261 nominasi yang terdiri dari 222 negara, nominasi tersebut dibagi dalam 7 Group yaitu: (A) Landscape/Ice Formation, (B) Island, (C) Mountain/Volcanoes, (D) Cave/Rock Formation/Valley, (F) Forest/National Parks/Nature Reserve, (G) Lakes/Rivers/Waterfalls, dan (H) Seascape.


Taman Nasional Komodo harus dapat menjadi 11 besar pada group F atau 77 besar dari keseluruhan nominasi, tahap ke-2 vote ini akan berakhir pada tanggal 7 Juli 2009.

Ke-77 nominasi itu akan diseleksi Tim Ahli yang diketuai Prof. Federico Mayor, mantan Direktur Jenderal UNESCO. Mereka akan memilih 21 nominasi yang masuk dalam shortlist dan terpilih untuk maju dalam tahap ke-3 sekaligus yang juga merupakan tahap final dan akan berlangsung selama tahun 2010-2011. Pengumuman 21 nominasi ini akan dilakukan tanggal 21 Juli 2009.

Nah, Kalau Anda telah memiliki e-mail dan belum melakukan “vote” untuk mendukung Taman Nasional Komodo menjadi 7 Keajaiban Dunia. Sekaranglah saatnya. Ajak teman, rekan, saudara dan keluarga anda untuk memilih Tman Nasional Komdodo. Waktunya sampai tanggal 7 Juli 20009. Silakan vote sebanyak mungkin melalui berbagai e-mail account berbeda yang Anda miliki (1 e-mail = 1 vote).

Caranya mem-voting dengan membuka akses internet ke http://www.new7wonders.com (masuk ke menu “N7W” kemudian “Vote for Nominees”). Atau langsung click URL berikut: http://www.new7wonders.com/nature/en/vote_on_nominees/.

Jangan sampai lupa atau ketinggalan mem-vote Taman Nasional Komodo ya.


Naskah & Foto: A. Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP