Jaring 59 Ribu Pengunjung, Bukti INDOFEST 2025 Makin "Sexy"
Menjaring 59 ribu lebih pengunjung selama 4 hari (12-15 Juni) di Hall B Jakarta International Convention Center (JlCC), membuktikan kalau Indonesia Outdoor Festival (INDOFEST) 2025 semakin "sexy" dalam artian kian berdaya tarik kuat.
Apa yang membuat event berpredikat "Lebaran Anak Outdoor' ini sampai sesukses itu? Sebelum TravelPlus Indonesia beberkan satu persatu, ada baiknya kita ketahui pula fakta berikutnya.
Dalam siaran pers yang TravelPlus Indonesia terima dari Rara, PR INDOFEST 2025, Project Director INDOFEST 2025 Niken Saraswati Ratnaningtyas mengatakan jumlah pengunjung INDOFEST 2025 sebanyak 59.650 ribu sudah melampaui target sebanyak 50 ribu pengunjung.
"Untuk target transaksinya mencapai Rp 10-15 miliar untuk semua brand selama empat hari," terangnya.
Selain itu, tahun ini peningkatan jenama lokal mencapai 20-40 persen. Brand-brand lokal dari segi penjualan saat ini menurut Niken mampu menyaingi brand-brand luar yang hadir. "Lantaran mereka (jenama lokal) punya pangsa pasarnya sendiri," ungkapnya.
Chief Executive Officer COS Event Disyon Toba membenarkan kalau event tahunan bagi pecinta outdoor ini, sampak saat ini masih mendapat atensi publik yang cukup luas sejak diadakan pada tahun 2015 silam. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya para pencinta outdoor yang hadir.
Disyon pun mengapresiasi kehadiran pemerintah terutama Kementerian UMKM dan Kementerian Kehutanan yang sudah berkolaborasi di Indofest 2025, juga Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan Kementerian Pariwisata. Menurutnya dukungan pemerintah turut andil dalam menyukseskan INDOFEST.
Tiga Trigger
Lalu apa yang bikin INDOFEST 2025 makin "sexy" sehingga jumlah pengunjungnya melampaui target?
Berdasarkan amatan TravelPlus Indonesia, sekurangnya ada tiga trigger atau pemicunya yaitu kegiatan outdoor yang dipilih, tempat atau venue-nya, dan kemasannya.
Trigger pertama kegiatan outdoor yang dipilih INDOFEST boleh dibilang juga sexy, terutama kegiatan pendakian gunung yang peminatnya tiap tahun semakin membengkak. Ditambah agi dengan beberapa kegiatan outdoor yang juga punya pangsa-pasar besar seperti memancing, sepeda, dan lainnya.
Pemicu kedua venuenya berlokasi sangat strategis, lebih sering di JICC dan pernah bertempat di Istora yang masih berada di kawasan Senayan. Strategis disini dalam artian karena venue-nya berada di pusat Jakarta sehingga sangat mudah diakses pengunjung dari Jabodetabek dengan moda transportasi umum, apalagi kendaraan pribadi.
Trigger terakhir atau yang ketiga kemasannya menarik, tidak semata berjualan aneka produk outdoor pun ada edukasi (sharing session maupun talk show), hiburan (live music), kuliner, komunitas, pemberian diskon, dan lainnya.
Naskah, foto & video: Adji Jaberio Tropis #adjitravelplus , IG @adjitropis , TikTok @FaktaWisata.id & YouTube @kelana180
Captions:
1. Jumlah pengunjung INDOFEST 2025 lampau target
2. Video suasana pengunjung INDOFEST tahun ini yang membludak.
3. Venue strategis jadi salah satu trigger atau pemicunya.
4. Kegiatan outdoor yang dipilih memiliki pangsa-pasar yang besar.
.
0 komentar:
Posting Komentar