. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 17 Mei 2020

Lima Museum Ini Rayakan Hari Museum Internasional 2020 Lewat Ragam Acara Virtual

Besok, Senin,18 Mei 2020 sejumlah museum di dunia merayakan International Museum Day atau Hari Museum Internasional.

Nah di Indonesia, sekurangnya ada 5 museum yang memperingatinya dengan bermacam acara secara virtual atau daring sebagaimana tertera di akun Instagram (IG)-nya masing-masing.

Kelima museum itu terdiri atas 3 museum di Jakarta yakni  Museum Sumpah Pemuda (@museumsumpahpemuda), Museum Kesejarahan Jakarta (@museumkesejarahan), dan Museum Nasional Indonesia (@museum_nasional_indonesia) serta 2 museum di Jogja yakni Museum Benteng Vredeburg (@museum.benteng vredeburg) dan Museum Jenderal  Sudirman (@museumsudirman).

Museum Sumpah Pemuda yang biasa disingkat Muspada akan menggelar Bincang Daring bertema "Geliat Museum Ditengah  Pandemi Covid-19".

Acara yang disiarkan langsung di kanal Youtube budayasaya  mulai pukul 9 pagi, akan dipandu oleh Kepala Muspada sebagai moderator Titik Umi Kurniawati dengan menghadirkan satu narasumber (narsum) Yiyok T. Herlambang selaku Ketua Asosiasi Museum Indonesia (AMI) DKI Jakarta Paramita Jaya. 

"Kegiatan dalam rangka Hari Museum Internasional ini,  Muspada baru tahun ini melakukannya," terang Umi kepada TravelPlus Indonesia, Minggu (17/5/2020). 

Museum Kesejarahan Jakarta atau biasa disingkat Museja bakal mengadakan Tour di Museja pukul 10 pagi di Instagram Live bersama Lulu Azizah, petugas pemandu museum. 

Sementara Museum Nasional Indonesia yang biasa disingkat Musnas akan menggelar acara Tanya Museum Nasional sesi Tanya Edukator "Program Publik di Museum Nasional" pada pukul 1 siang di Zoom Meeting

Pendaftarannya lewat bit.ly/TanyaMuseum.

Ada 6 pembicara yang akan.ditampilkan di sesi kali ini yakni Huriyati, Farida, Dyah, Amperawan, Asep Firman, dan Ujang Mulyadi.

Lain lagi dengan Museum Benteng Vredeburg.

Museum yang kini dikepalai oleh Suharja ini akan menyuguhkan Bincang Publik Live bertema "Pagebluk Sampar di Jawa dan Munculnya Ideologi Baru dalam Nasionalisme Indonesia.

Acara yang disiarlan Live di Instagram-nya mulai pukul 10 pagi ini menampilkan satu narsum Dosen Sejarah FIB UGM Baha'uddin dengan moderatornya Wahyudi selaku Ketua AGSI (Asosiasi Guru Sejarah Indonesia) DIY.

Sedangkan Museum Jenderal  Sudirman merayakan Hari Museum Internasional 2020 ini dengan acara Live di Instagram bertajuk "Museum Menyapa Kamu Hari Ini" mulai pukul 10.30 pagi.

Acara tersebut akan membahas tentang Jenderal Sudirman, perang gerilya, dan keadaan museum hari ini.

Selain 5 museum tersebut, AMI DKI Jakarta Paramita Jaya juga membuat acara Diari Ramadhan #2 dan Temu MuGaleMon bertajuk "Literasi Museum dalam Storytelling" mulai pukul 10.30 pagi di Webex Meeting

Ada dua pembicara yang dihadirkan yakni Kepala Museum Maritim Indonesia Tinia Budiati dan Ketua Komunitas Jelajah C. Musiana Yudhawasthi dengan moderatornya Rian Timadar dari AMI Pusat. 

Perayaan Hari Museum Internasional 2020  dikoordinasi oleh International Council of Museums (ICOM).

Hari Museum Internasional dirayakan dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan peranan museum dalam perkembangan masyarakat pada saat ini, dalam skala internasional.

Sebagai informasi tambahan berdasarkan data Kemendikbud jumlah museum yang tercatat di Indonesia ada 435 museum, paling banyak di Jakarta.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP