. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 11 April 2020

Kiat Mulai Bisnis Outbound Tour Usai Covid-19 Reda, Ini Ragam Peluangnya

Data statistik tahun 2019 menyebut jumlah orang Indonesia yang keluar negeri ada sekitar 10 juta orang. Wow, sebuah angka yang cukup besar untuk market Tour Outbound.

Oleh karena itu pelaku usaha Tour Outbound ini diperkirakan akan menggeliat lagi dan pemain barunya pun bakal bertambah pasca-pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) mereda.

Menurut Anthon Teddy sebagai pemilik lebih dari 200 Travel Franchise TX Travel yang tersebar di seluruh Indonesia, untuk memulai bisnis Outbound Tour memang  membutuhkan modal tidak sedikit, dan tentu saja juga pengalaman.

Kata dia, juga dibutuhkan sinergi dan kolaborasi sebagai salah satu solusi untuk memulai bisnis ini.

"Tak lupa mengikuti konsorsium misalnya atau menjadi Reseller dari Wholeseller yang punya produk beragam dan harga bersaing," terang Anthon dalam acara Bincang Bisnis ASITA yang digelar secara virtual via Zoom, Sabtu (11/4/2020).

Adapun opportunity atau peluang bisnis yang bisa diambil dalam Outbound Tour ke depan adalah Cruise Holiday.

"Cruise Holiday ini menjadi the future of outbound karena cocok untuk orang tua, grup, muda-mudi atau milenial, dan lainnya. Intinya disukai semua generasi," terang Anthon. 

Cruise diharapkan bukan cuma berlayar le luar negeri tapi juga keliling Indonesia.

Apalagi kabarnya Start Cruise dan kemungkinan Dream Cruise dengan kapalnya explorer akan menyimpan kapalnya di Indonesia untuk rute dari Jakarta-Lampung-Karimunjawa hingga ke Belitung.

"Next level outbound adalah charter flight," tambahnya.

Untuk mendapatkan konsumen outbound, lanjut Anthon antara lain dengan menyasar komunitas-komunitas tukang jalan-jalan dengan menggunakan whatsapp group untuk mem-posting informasi tentang destinasi.

Market itu harus di datangi, dan kita bukan hanya duduk manis” pesan Anthon.

Selain itu menerapkan New travel agent business gaya baru dengan perangkat media sosial untuk mempromosikan semua produk outbound kepada customer.

Narsum lainnya Shinta Tedjaningsih Reksagelora, Direktur PT. Universal Holiday yang sudah malang melintang mengitari berbagai belahan bumi dengan bisnis Outbound-nya menganjurkan untuk memulainya dari rute-rute dekat atau negara-negara Asia yang menyiapkan local guide sehingga tidak merepotkan untuk pemain outbound pemula.

"Setelah itu baru merambah pasar Australia dan kemudian Eropa atau Amerika," jelas Shinta.

Bincang Bisnis ASITA bertema "Belajar Bisnis Outbound" yang diikuti 100 peserta ini dimoderatori Masrura Ramidjal selaku Koordinator Bidang Litbang & SDM DPP ASITA serta dihadiri Ketum DPP ASITA N. Rusmiati.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Para peserta Bincang Bisnis ASITA yang digelar secara virtual via Zoom, Sabtu (11/4/2020).
2. Anthon Teddy sebagai pemilik lebih dari 200 Travel Franchise TX Travel
3. TravelPlus Indonesia turut jadi peserta sekaligus meliput dan membuat berita Bincang Bisnis ASITA tersebut.
4. Shinta Tedjaningsih Reksagelora, Direktur PT. Universal Holiday.
5. Koordinator Bidang Litbang & SDM DPP ASITA, Masrura Ramidjal sebagai moderator.


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP