. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 14 Desember 2018

Ini Suguhan Festival Irau Pantai 2018 di Desa Burong Mandi

Sesuai namanya, sejak awal Festival Irau Pantai  digelar di Pantai Burong Mandi,  Desa Burong Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Festival Irau Pantai 2018 yang diselenggarakan Pemerintah Desa (Pemdes) Burong Mandi dengan melibatkan Organisasi Karang Taruna, PKK, dan kelompok nelayan setempat serta mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ini akan berlangsung dua hari, 15-16 Desember ini.

Ketua Pelaksana Festival Irau Pantai 2018, Koko Haryanto menjelaskan rangkaian acaranya ada lomba Mancing Bekater, Mancing Bebulus, dan hiburan.

“Tanggal 15 Desember dikhususkan untuk lomba Mancing Bekater, Mancing Bebulus. Sedangkan tanggal 16 Desember khusus hiburan berupa konser musik dengan menampilkan artis ibukota Duo Biduan,” terang Koko sebagaimana dikutip Posbelitung, Jumat (14/12).

Tujuan dilaksanakannya acara ini, lanjut Koko bukan semata sebagai ajang promosi wisata bahari Desa Wisata Burong Mandi, pun untuk melestarikan kearifan lokal (local wisdom) masyarakat setempat.

Misalnya di dalam pelaksanaan lomba mancing bekater, setiap pesertanya mengunakan perahu tradisional Kater.

Sementara dalam lomba mancing bejaoran, pesertanya memakai joran tradisional terbuat dari bambu atau kayu.

Lomba mancing tersebut akan diikuti oleh warga Desa Burong Mandi dan nelayan-nelayan perahu Kater yang mangkal di Pantai Burong Mandi.

Setelah itu hasil tangkapan mereka berupa Ikan Kerisi dan lainnya dibakar lalu disantap bersama-sama.

Ikan Kerisi menjadi kuliner khas Desa Burong Mandi.

Biasanya selain dipanggang/dibakar, juga dimasak lainnya.

Di event, ini wisatawan juga bisa menikmati Ikan Kerisi bakar buatan para nelayan tersebut secara cuma-cuma. Kalau kehabisan bisa membelinya di warung-warung makan di sekitar Pantai Burong Mandi.

Biasanya acara ini akan dihadiri Bupati Beltim atau yang mewakili, Forkominda, Camat, dan Kepala Desa yang sekaligus membagikan hadiah kepada para pemenang lomba.

Sementara Pihak Kemenpar dan Disbudpar Beltim berharap agenda tahunan yang digelar sejak tahun 2010 lalu ini dapat menarik kunjungan wisatawan, bukan hanya lokal dan nusantara tapi juga mancanegara.

Pantai Burong Mandi, berjarak 21 Km dari Manggar, Ibukota Beltim atau 77 Km dari Bandara Hanandjoedin, Tanjung Pandan.

Keistimewaan pantai ini wisatawan bisa menikmati pesona matahari terbit nan cantik, lalu melihat keindahan warna-warni perahu Kater di sepanjang garis pantai, dilanjutkan berjemur atau jalan-jalan santai, dan tak lupa berwisata kuliner tradisional setempat di warung-warung sekitar pantai

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Perahu bercadik Kater khas Belitung Timur di Pantai Burong Mandi yang menjdi lokasi Festival Irau Pantai 2018.
2. Ikan Kerisi hasil tangkapan nelayan di perairan Pantai Burong Mandi.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP