. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 09 Oktober 2018

IdeaFest 2018 Bakal Beda, Ini Keistimewaannya

Festival kreatif tahunan berlabel IdeaFest 2018 akan digelar di JCC Senayan (26 - 27/10). Festival keenam yang mempertemukan profil-profil kreatif lintas industri skala nasional dan internasional ini bakal tampil beda.

Co-Chairman IdeaFest Ben Soebiakto mengatakan selain berkolaborasi dengan Astra, Bank DBS Indonesia, dan Blibli.com, IdeaFest 2018 juga bekerjasama dengan TheNextDev dari Telkomsel mengusung tema "C" yang dapat merepresentasikan banyak hal dalam perkembangan industri kreatif di Indonesia. 

"Pemilihan "C" sebagai tema utama IdeaFest 2018 didorong dengan munculnya #GenerasiC yang memiliki pola pikir dan perilaku berbeda dari generasi lainnya, tetapi berperan penting dalam membesarkan industri kreatif di Indonesia", terang Ben Soebiakto saat saat press conference di GOWORK Pacific Place, Jakarta, Selasa (9/10). 

Menurut Ben huruf kapital "C" juga dapat merepresentasikan banyak hal yang dibutuhkan para pelaku industri kreatif, seperti Creative, Connect, Creation, Confident, Collaborate, Challenge, Content, Change, Chance, Commmunity, Crowd, dan masih banyak lagi.

Selama dua hari, lanjut Ben, para #GenerasiC berkesempatan berdiskusi dan bertemu dengan lebih dari 150 nama pembicara, seperti Luc Maynard (Creative Executive of Walt Disney), Jaeson Ma (Founder of East West Artists dan Co-Founder of 88Rising), Oka Antara, Andien Aisyah, Christian Sugiono, TB Putera, Raditya Dika, Carline Darjanto (Founder Cottonink), Axton Salim, Ayla Dimitri, Agung Hapsah dan masih banyak lagi saat mengikuti sesi Conference dan IdeaTalks.

Selain itu, #GenerasiC juga dapat merasakan pengalaman baru selama berada di area IdeaExperience, yang meliputi O2O Bazaar, Lyfe!Fest, dan Experience Zone, Art Space, serta Awarding Night, dan berbagai program kreatif menarik lainnya.

"Kami berharap di IdeaFest 2018, para #GenerasiC mendapatkan berbagai macam interpretasi "C" yang mereka butuhkan dan C (see:melihat) berbagai ide-ide baru yang bermanfaat bagi perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia," tambah Ben.

Untuk menyaksikan IdeaFest 2018, pengunjung dikenai tiket.

"Harga tiketnya dibuka mulai Rp. 1.100.000 untuk IdeaTalks atau Conference hingga Rp. 1.600.000 untuk 2 Day Pass," ungkap Ben.

Tema IdeaFest tahun ini juga sejalan dengan misi TheNextDev dari Telkomsel sebagai Presenting Partner ideaFest, yaitu making social impact through technology dengan prinsip youth empowerment.

"Di TheNextDev, kami percaya bahwa generasi muda yang memiliki semangat creative (passion) untuk menyelesaikan challenge yang ditemui masyarakat indonesia (purpose), sehingga dapat menghasilkan change berupa dampak sosial positif (social impact). Maka dari itu, kami harap tema ‘Passion+Purpose=Social Impact' yang kami usung dapat mewadahi generasi muda Indonesia untuk berkolaborasi dan berkarya bagi bangsa dan negara, membawa semangat perubahan dan perkembangan teknologi lebih luas lagi, serta meratakan pertumbuhan gerakan ekonomi kreatif ke seluruh penjuru tanah air," terang VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin.

Digelar satu hari menjelang perayaan Sumpah Pemuda, IdeaFest juga diramaikan dengan Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2018 berupa apresiasi bagi generasi muda yang menginspirasi melalui berbagai kategori di bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Wirausaha, Teknologi dan Kelompok.

"Astra menginisiasi program SATU Indonesia Awards karena kami percaya masa depan bangsa ini terletak di pundak pemuda pemudi Indonesia. Sejalan dengan hal itu, tahun ini sebagai Official Sponsor, Astra berkolaborasi dengan IdeaFest untuk lebih banyak lagi dapat menginspirasi anak muda Indonesia, sehingga semakin banyak perubahan positif bagi Indonesia," jelas Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto.

Tahun ini IdeaFest juga tampil berbeda dengan program kolaborasi bersama Official Sponsor Bank DBS Indonesia, yaitu Lyfe!Fest. Di sesi ini, pengunjung berkesempatan menyaksikan para penggiat usaha sosial dan ekonomi kreatif berbagi semangat, pandangan, serta kontribusi nyata terhadap kehidupan bermasyarakat.

"Kami sangat antusias menyambut acara Lyfe!Fest sebagai bagian dari IdeaFest 2018. Semangat yang diusung IdeaFest senada dengan "Live More, Bank Less" yang merupakan komitmen Bank DBS Indonesia dalam memberikan layanan bank yang simpel, nyaman, dan tanpa hambatan. Dengan demikan, nasabah berkesempatan lebih menikmati hidup dengan memanfaatkan waktu yang ada untuk sesuatu lebih penting terutama bersama orang terdekat," ungkap Head of Group Strategic and Marketing Communications (GSMC) Bank DBS Indonesia Mona Monika.

Pada gelaran IdeaFest kali ini, turut berpartisipasi juga Blibli.com yang kini berusia 7 tahun yang terus konsisten membangun ekosistem e-commerce Indonesia dan memajukan potensi produk lokal agar bisa naik kelas.

Menurut Senior Marcom & PR Manager Blibli.com, Lani Rahayu perkembangan e-commerce telah mewarnai wajah kreatif ekonomi Indonesia, meskipun penetrasinya masih sekitar 2 persen dari total retail, tetapi ada perubahan perilaku belanja orang Indonesia yang cukup signifikan.

"Dan ini merupakan kesempatan sangat besar bagi para pelaku bisnis dan pemilik brand untuk lebih kreatif dan inovatif jika ingin memainkan peranan di era digital ekonomi kreatif ini," ungkap Lani.

Di IdeaFest tahun ini, sambung Lani, selain menjadi official e-commerce partner untuk menjual tiket IdeaFest, Blibli.com akan membawa kurasi produk lokal dari para finalis The Big Start Indonesia, program tahunan Blibli.com untuk pengusaha muda kreatif Indonesia.

"Harapan Blibli.com di IdeaFest bisa membuka peluang para mitra penjual di Blibli.com untuk berkolaborasi menghasilkan karya baru," terang Lani.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Co-Chairman IdeaFest Ben Soebiakto menjelaskan tema IdeaFest 2018.
2. Berfoto bersama usai jumpa pers IdeaFest 2018 di Jakarta.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP