. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 12 Agustus 2018

Inilah 6 Pemenang Lomba Foto Pesona Pesisir BPNB Aceh 2018

Para pemenang Lomba Foto On the Spot 2018 bertema Pesona Pesisir yang digelar Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh sudah diumumkan di Kota Singkil, Minggu (12/8), selepas acara penutupan.

Ada 400 foto dari seluruh peserta lomba yang masuk ke penjurian dewan juri.

Ada tiga juri dalam lomba foto ini yaknubArbain Rambey dari Harian Kompas, Bambang Widjanarko (Kementerian Pariwisata/Kemenpar), dan Hotli Sumanjuntak dari EPA/The Jakarta Post.

Setiap peserta mengumpulkan 15 foto yang terdiri dari foto budaya, human interest, dan landscape.

Setelah melalui proses penjurian, dari 400 foto terpilih 6 foto sebagai pemenang juara satu sampai harapan 3.

Arbain Rambey menjelaskan  penjurian lomba foto ini berpedoman pada 3 hal penilaian yakni bagus, indah, dan menarik.

"Bagus dari sisi teknis foto dan kesesuaian dengan tema, indah dari sisi pariwisata dan jurinya senang, serta menarik itu yang paling menonjol membuat orang tertarik," terangnya.

Ke-400 foto dari seluruh peserta lomba foto ini, lanjut Arbain kemudian diperas oleh masing-masing juri.

Setiap juri mengumpulkan 10 foto terbaik sehingga terperas menjadi 30 foto yang dikumpulkan dalam 3 folder yakni budaya, human interest, dan landscape.

Berikutnya dari masing-masing folder, dipilih oleh setiap juri menjadi 2 foto terbaik sehingga terkumpul 6 foto.

Keenam foto terbaik itu kemudian dipilih juara 1 sampai juara 6 berdasarkan rasa, pertimbangan, dan selera juri.

"Rumusnya adalah selera juri, sebab juri memahami foto yang unggul baik dari segi jurnalistik dan pariwisata," tambah Arbain.

Sebuah foto yang unggul dari tiga hal penilaian yakni bagus, indah, dan menarik otomatis menjadi pemenangnya.

Kata Arbain banyak peserta lomba yang mengirimkan foto landscape yang indah dan menarik, tapi foto-foto itu tidak menunjukkan kekuatan lokal/khas daerah itu, dengan kata lain foto itu bisa dibuat dimanapun.

"Jadi foto yang menang itu karena sesuai tema, ada sisi budayanya dan ada pariwisatanya serta memperlihatkan kekhasan daerah itu seperti foto juara satu ini," ungkap Arbain.

Kepala BPNB Aceh Irini Dewi Wanti lewat WA menambahkan yang penting bukan kalah atau menang tapi bagaimana para peserta lomba sudah turut memberi kontribusi bagi Aceh Singkil dalam memperkenalkan potensi ragam budaya dan pesona keindahan alamnya lewat foto.

"Saya harap foto-foto peserta lomba ini di-upload di akun Instagram-nya masing-masing dan di-tag ke IG @BPNBAceh, disertai hastag #lombafotopesonapesisir. Buat yang punya blog, bisa juga menulis kekhasan budaya dan keindahan alam Aceh Singkil ini, " imbau Rini.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Aceh Singkil, Paisal S. Pd berterimakasih karena sudah menjadikan daerahnya sebagai lokasi lomba foto ini.

"Kami siap jika daerah kami dijadikan tempat untuk lomba foto lagi atau acara lainnya," ujar Paisal.

Berikut hasil lengkap keenam pemenang lomba foto on the spot 2018 bertema Pesona Pesisir yang digelar BPNB Aceh didukung Kementerian Pariwisata dan Disparpora Aceh Singkil:

Juara pertama diraih fotografer Joni Saputra dari Kabupaten Pidie, kedua Sofyan Efendi dari Depok Jawa Barat, dan juara ketiga Juliansyah Adjie dari Kabupaten Aceh Besar.

Selanjutnya juara Harapan 1 M Fauzi dari Aceh Besar, Harapan 2 Riza Azhari dari Pidie, dan juara Harapan 3 Maulizar dari Aceh Besar.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP