. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 07 Juli 2018

Semarak Halal Bihalal 2018 di Masjid, Foodcourt Sampai Bumi Perkemahan

Bulan Syawal boleh dibilang bulannya silatuhrahmi. Buktinya sejumlah pihak/komunitas menggelar halal bihalal untuk bersilaturahmi selepas merayakan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Menariknya, lokasi acara halal bihalal tahunan ini semakin variatif. Ada yang menggelarnya di masjid, foodcourt, bahkan di bumi perkemahan yang berada di kaki atau lereng gunung.


Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) misalnya mengelar Halal Bihalal di selasar Masjid Istiqlal Jakarta pada Jumat (6/7/2018), ba’da Isya.

Keistimewaannya, selain karena tempatnya di salah satu masjid kebanggaan warga Jakarta bahkan Indonesia, acara Halal Bihalal DMI kali ini juga dihadiri Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla dan pengusaha Muslim Chairul Tanjung (CT).

Tak ketinggalan hiburan berupa suguhan Rampak Gendang dan penampilan Sabyan Gambus, band gambus yang lagi digandrungi kaula muda saat ini.

Menurut M. Arief Rosyid selaku Ketua Departemen Pemuda DMI, ada ribuan ummat yang mendaftar secara online untuk menghadiri halal bihalal ini.

“Lalu mereka datang sejak jelang sore untuk registrasi yang dimulai pukul 4 sore. Sementara acaranya sendiri baru dimulai selepas Isya,” terang Arief.

Lain lagi dengan komunitas Sendal dan Asgob yang terdiri atas para alumni Institus Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP), Lenteng Agung, Jakarta, angkatan tahun 1991.

Mereka  kompak menggelar Halal Bihalal di D’Hara 24 Foodcourt, Jalan Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan (samping Balai Rakyat), juga pada hari yang sama, Jumat (6/7/2018).

Menurut W.A Restuningtyas, salah seorang penggagas acara halal bihalal Sendal & Asgob’91, ada sekitar 40-an orang yang hadir.

“Inti acaranya silaturahmi aja. Seperti biasa makan BS-BS (biaya sendiri-red), terus urunan buat anak-anak yatim Sendal dan Asgob, sama foto-foto deh,” ungkap Tyas.

“Foodcourt sengaja dipilih karena banyak pilihan makanannya,” tambah Tyas.

Sementara komunitas Anak Gunung Merbabu Merapi menggelar Halal Bihalal di Bumi Perkemahan (Buper) Sawit, Gunung Andong, Jawa Tengah pada Jumat-Sabtu (7-8/7/2018).

Di akun Instagram (IG) @infoandong diinfokan setiap peserta hanya dikenai Harga Tanda Masuk (HTM) Rp 10 ribu dan bayarnya di lokasi buper.

“Pesertanya lebih dari 50 orang, umumnya dari wilayah Jawa Tengah,” terang admin @infoandong kepada TravelPlus Indonesia via pesan IG.

Menurutnya acara yang digelar setiap tahun ini intinya juga untuk bersilaturahmi.

“Malamnya ada acara api unggun. Besoknya selesai, pulang ke rumah masing-masing, tidak ada acara pendakian ke puncak Gunung Andong,” terangnya.

Komunitas lainnya yang menggelar acara silaturahmi selepas Lebaran adalah Komunitas Pendaki Muslim dan Rocker Jateng DIY.

Namun acaranya baru akan digelar hari Sabtu-Minggu, tanggal 14-15 Juli mendatang di Bukit Klangon Merapi yang berada di Kalitengah, Glagahharjo, Cangkringtan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Acara camping ceria atau campcer ini terbuka untuk umum. Mepo atau meeting point-nya di Candi Prambanan,” ujar Zaza, salah seorang panitianya kepada TravelPlus Indonesia lewat WA.

“Dari Prambanan, pesertanya yang motoran (naik sepeda motor-red) bisa langsung ke lokasi sekitar satu jam. Untuk yang menggunakan transportasi umum Insya Allah nanti ada yang jemput,” terangnya.

Peserta yang ingin ikut serta harus membawa perlengkapan pribadi dan logistik masing-masing. “Oiya batas konfirmasinya sampai tanggal 10 Juli 2018,” tutup Zaza.

Apapun namanya halal bihalal ataupun gathering di bulan Syawal ini, bertujuan sama yaitu untuk menyambung dan bahkan mempererat tali silaturahmi.

Bukankah Anas bin Malik berkata: “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaknya ia menyambung tali silatuhrami”. (HR. Bukhari).

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok. sendal/asgob, adji & @infoandong

Captions:
1. Para alumni IISIP angkatan 91 gelar Halal Bihalal di foodcourt.
2. TravelPlus Indonesia meliput acara Halal Bihalal Dewan Masjid Indonesia di Masjid Istiqlal Jakarta.
3. Sendal & Asgob 91 ceria dalam kebersamaan.
4. Silaturahmi dalam kehangaatan api unggun di Buper Sawit Gunung Andong yang digelar Anak Gunung Merbabu Merapi.
5. Promosi kegiatan Halal Bihalal Anak Gunung Merbabu Merapi di kaki Gunung Andong.
6. Sendal & Asgob'91 saling melepas rindu sekian lama tak bertemu.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP