. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 12 Juni 2018

Tips Aman dan Nyaman Liburan Lebaran Bersama Anak

Setiap liburan Lebaran sejumlah objek wisata buatan seperti taman hiburan/rekreas/kebun binatang dan objek wisata alam terutama pantai dan lainnya pasti dipadati pengunjung. Nah, supaya liburan Lebaran Anda bersama anak berlangsung aman dan nyaman, ada baiknya ikuti tips TravelPlus Indonesia berikut ini.

Tentukan lokasi liburan Anda bersama keluarga jauh-jauh hari untuk mempersiapkan segala sesuatunya, apakah objek wisata buatan ataukah alam.

Sebaiknya pilih yang mudah diakses baik dengan kendaraan pribadi ataupun umum, diminati anak-anak, dan atau punya unsur edukasi bukan semata senang-senang.

Jika tujuannya ke taman rekreasi yang memiliki banyak wahana permainan yang memacu adrenalin misalnya kereta gantung (cable car), flying fox, sepeda air, perahu sampan dan lainnya pastikan semua permainan itu sudah aman, dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan misalnya life jacket, helm, harness, dan lainnya, serta diawasi petugas keamanan atau instruktur profesional.

Kalau tujuannya ke kebun binatang, awasi anak-anak agar tidak memberi makanan binatang, terlebih itu hewan buas seperti beruang, harimau, buaya, dan lainnya.

Jika liburannya ke pantai wisata, pilihlah pantai yang berombak tenang yang aman untuk anak-anak bermain air atau berenang. Jangan lupa membawa handuk dan pakaian ganti serta perlengkapan mandi.

Kalau pantainya memiliki wahana water sports seperti banana boat, jetski untuk anak, perahu wisata dan lainnya, pastikan semua itu aman dan ada petugas/instruktur yang bertanggungjawab.

Hindari pantai berombak besar apalagi tidak memiliki petugas pengawas pantai. Kalau yang dituju memang pantai berombak besar, sebaiknya larang anak-anak berenang untuk menghindari tersapu ombak. Cukup bersantai atau jalan-jalan di tepian pantai.


Sedapat mungkin beri pengetahuan kepada ada anak-anak tentang apa yang dilihat dan atau dilakukannya di objek wisata buatan maupun alam.



Misalnya kalau ingin mencoba flying fox itu manfaatnya untuk menguji keberanian atau mental.

Kalau di pantai, berikan informasi seputar laut dan isinya serta kegiatan yang bisa dilakukan termasuk resikonya.

Penting juga memberitahu anak tempat informasi di area wisata. Jika terpisah beri tahu anak supaya segera mendatangi tempat tersebut. Sebaiknya selipkan nama orangtua, nomor telepon, dan alamat yang dapat dihubungi oleh petugas.

Khusus buat anak yang sudah remaja, wanti-wantilah supaya tidak selfie di tempat-tempat yang membahayakan.

Tegur atau sampaikan kritik kepada petugas pengelola objek wisata buatan ataupun alam yang tidak mengindahkan keamanan, kenyamanan apalagi keselamatan pengunjung, khususnya anak-anak. Misalnya tidak memiliki petugas pengawas/instruktur disetiap wahana permainan, tidak ada pengawas/penjaga pantai, tidak memiliki papan petunjuk arah, papan tata tertib, tempat informasi, dan lainnya. 

Pakaian yang dikenakan anak sebaiknya disesuaikan di lokasi wisata yang dituju. Kalau pantai atau daerah panas sebaiknya kenakan baju yang mudah menyerap keringat dan lengkapi dengan topi, kacamata, serta kenakan suncream.

Kalau daerah pegunungan yang dingin, jangan lupa membawa jaket, sweater, kupluk atau penutup kepala, sarung tangan dan syal.

Untuk keperluan makan dan minum, sebaiknya orangtua membawa bekal dari rumah terutama makanan yang disukai anak dan praktis membawanya, termasuk makanan kecil (snack) dan buah-buahan segar.

Bisa juga menikmati suguhan kuliner khas daerah setempat. Misalnya kalau yang dituju pantai, tak ada salahnya mengajak keluarga makan olahan sea food di rumah makan setempat, dan lainnya. Tapi pilihlah tempat makannya yang bersih dan higenis.

Jangan lupa membawa perlengkapan P3K atau obat-obatan pribadi yang biasa diberikan buat anak.  Agar perjalanan tidak membosankan, bawa mainan yang disukai anak-anak.

Satu lagi, ajak anak Anda untuk tetap menunaikan shalat 5 waktu di perjalanan pergi-pulang dan di tempat wisata. Tanamkan sejak dini buah hati Anda, bahwa berwsata itu hanyalah urusan dunia, sementara shalat 5 waktu itu urusan akhirat dan wajib hukumnya sebagai muslim.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Liburan Lebaran bersama anak perlu pengawasan ekstra.
2. Pilih wahana permainan yang aman dan punya nilai edukasi buat anak.
3. Pilih tempat makan yang bersih dan higenis.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP