. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 11 Juni 2018

Selamat Mudik, dan Mudiklah dengan Selamat

Judul di atas adalah kalimat penutup yang ditulis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di akun Instagram (IG)-nya @aniesbaswedan, usai menyambangi Stasiun Besar Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu (10/6/2018) atau H-5 Lebaran.

“Teringat zaman kuliah dulu, mudik ke Yogya naik kereta Senja Utama. “Karcis Senja Utama masih sekitar Rp 10 ribuan, plus beli nasi rames, plus bawa koran,” tulis Anies diawal unggahannya itu.

Kursi kereta seempuk apapun, sambung Anies tidak bisa mengalahkan tidur di lantai gerbong pakai koran.

“Tanpa AC tapi nyaman. Bangun segar, cuma hidung agak hitam:),” lanjutnya.

Menurut Anies, kini naik kereta apai semakin nyaman, murah, aman, dan perjalanan terjadwal. Naik kereta api, sambungnya juga menghindarkan dari macet. Pesan tiket kereta api pun sudah jauh lebih mudah.

“Alhamdulillah, kita syukuri kemajuannya & apresiasi seluruh jajaran PT KAI yang bekerja keras memastikan ribuan keluarga sampai ke kampung halamannya dengan selamat,” ucap Anies.

Selain tulisan itu, Anies pun menggunggah fotonya saat berada di dalam kereta bercengkrama dengan penumpang yang hendak mudik.

Tulisan dan foto yang diunggah Anies 176 jam lalu itu disukai 50.693 warganet dengan 1.010 komentar.

Pemilik akun IG @fiktiyahradunof berkomentar begini: “I love pak anies… Rasa terhari sekali melihat keramahtamahan bapa… Ini asli Indonesia… Membangun budaya berkarakter”.

Lain lagi dengan si empunya akun @putriindah7299 yang mengatakan: “Walau saya tdk tinggal di jkrt tp saya sk liat kepemimpinannya… tetap amanah yaa pak… Proud of you @aniesbaswedan”.

Hal senada juga diutarakan @syarifhidayatullohsh: “Masya Allah, mu Gubernur is the best. Walau aku domisili di Banten tapi tempat kelahiranku DKI Jakarta. Sehat selalu pak Anies,” tulisnya.

Namun ada juga netizen yang menganggap apa yang dilakukan Anies itu pencitraan, seperti yang diungkapkan pemilik akun @bee_collection: “Maaf ya pak @aniesbaswedan yg terhormat.. bukanah ini jg salah satu pencitraan pak?? Sok perhatian.. cari panggung ya pak?? Salam”.

Pemilik akun @fetryratman justru berkomentar sebaliknya dan sangat singkat. “Respect @aniesbaswedan,” tulisnya.

Sore itu, Anies dikabarkan tiba di Stasiun Senen pukul 3. Dia didampingi Direktur Logistik dan Pengembangan PT KAI Bambang Eko Martono dan Kepala PT KAI Daop 1, Dadan Rudiansyah serta disambut Kepala Stasiun Pasar Senen, RM Zainul di pintu keberangkatan stasiun.

Di sana Anies memasuki salah satu gerbong kereta Matarmaja relasi Pasar Senen-Malang dan juga kereta Gumarang relasi Pasar Senen-Surabaya lalu menyapa para pemudik yang tengah duduk.

Orang nomor satu di Ibukota RI ini pun menyalami masinis. Sejumlah pemudik di Stasiun Pasar Senen menyempatkan ber-selfie bareng Anies.

Arus Mudik Via Merak
Pada hari yang sama, ratusan kendaraan pemudik dikabarkan mengantri memasuki kapal di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, seperti yang terlihat dalam foto berikut keterangannya yang diunggah akun IG @antarafotocom.

Menurut akun tersebut, jumlah penumpang dan kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang menyeberang melalui Pelabuhan Merak, diperkirakan meningkat dibanding tahun lalu.

“PT. ASDP Indonesia Fery memperkirakan jumlah penumpang yang menyeberang lewat Pelabuhan Merak pada arus mudik Lebaran 2018 mencapai 1.600.328 orang atau meningkat dibanding 2017 yang berjumlah 1.454.840 orang”.

“Sementara jumlah motor dan mobil diperkirakan mencapai 319.261 unit atau meningkat dari tahun lalu sebanyak 290.237 unit,” tulis akun tersebut.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyapa penumpang kereta di Stasiun Pasar Senen yang hendak mudik. (foto: @aniesbaswedan)
2. Penumpang memasuki kapal di Pelabuhan Merak, Banten. (foto: adji k.)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP