. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 09 Juni 2018

Mudik ke Lampung, Objek-Objek Wisata Ini Bisa Jadi Pilihan

Anda termasuk yang mudik ke Lampung? Atau memang melewati wilayah Lampung ke provinsi lain di Sumatera lewat darat? Jika iya, objek-objek wisata di Lampung ini bisa jadi pilihan untuk Anda sambangi bersama keluarga, kerabat atau teman seperjalanan.


Kalau mudiknya ke Kabupaten Lampung Selatan yang beribukota Kalianda atau melewati wilayah tersebut, Anda bisa mampir ke Menara Siger.

Lokasinya di setelah Pelabuhan Bakauheni, tepatnya di Jalan Lintas Timur Sumatera, Bukit Gamping, Kecamatan Bakauheni.

Kalau suka pantai Anda bisa ke Pantai Pasir Putih yang berjarak sekitar 20 Km atau lebih lurang 20 menit berkendara dari Kota Bandar Lampung, Ibukota Provinsi Lampung.

Pilihan lainnya ke Pantai Wartawan yang berada di Way Muli. Dari Kalianda sekitar 14 Km melewati jalur peisisr Canti atau sekitar 30 meter dari Simpang Gayam di jalur Bakauheni-Bandar Lampung.

Keunikan pantai ini banyak kepulan asap dan juga menyemburkan air panas yang keluar dari celah bebatuan sekitar pantai.

Kalau mau mandi air panas, lanjutkan saja ke Pemandian Air Panas Way Belerang, Kalianda, tepatnya di lereng Gunung Rajabasa yang berhawa sejuk dan rindang.

Jika mudiknya ke Kabupaten Lampung Tengah yang beribukota Gunung Sugih, Anda bisa menyambangi antara lain Air Terjun Curup Tujuh yang berlokasi di kawasan hutan lindung Desa Magrajaya, Kecamatan Padangratu.

Apabila ke Kabupaten Lampung Barat yang beribukota Liwa, jangan lupa singgah ke Danau Ranau yang elok.

Mau  coba berparalayang? Datangi take off-nya di Bukit Mandi Angin, Pekon Lumbok, Kecamatan Sukau Lampung Barat yang berketinggian 400 Mdpl.

Dari ketinggian kita bisa menikmati hamparan biru Danau Ranau dengan latar belakang Gunung Seminung dan perbukitan hijau.

Kalau mudiknya atau melewati Kabupaten Lampung Timur yang beribukota Sukadana, Anda bisa ke Taman Nasional Way Kambas yang sudah mendunia namanya lantaran ada Sekolah Gajah.

Pilihan lainnya Taman Purbakala Pugung Raharjo di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik.

Lokasi taman purbakala yang mengoleksi berbagai peninggalan pubakala seperti kuburan batu, altar, dan meja batu serta batu mayat ini berjarak sekitar 52 Km dari Kota Bandar Lampung.

Jika yang dituju Kabupaten Pesawaran yang beribukota Gedong Tataan, arahkan langkah ke Pantai Klara atau dulunya bernama Pantai Teluk Baru. Lokasinya sekitar 1 jam dari Kota Bandar Lampung dengan berkendara.

Pilihan lain ke Pantai Mutun di Kecamatan Padang Cermin.

Pantainya berpasir putih dengan air laut jernih dan berombak tenang jadi bisa berenang, snorkeling, dan ber-canoeing. Atau menyebrang ke Pulau Pahawang yang cantik untuk snorkeling maupun diving.

Kalau mudik atau lewat Kabupaten Tanggamus yang beribukota Kota Agung, bisa mengunjungi Pantai Teluk Kiluan di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan. Keistimewaannya selain berpasir putih dan berair laut jernih juga kerap dilintasi lumba-lumba. 

Pilihan lain berarung jeram (rafting) di Way Semong, Kecamatan Bandar Negeri Semong dengan panjang rute pengarungan sekitar 30 Km selama sekitar 3-5 jam dari titik start-finish.

Sementara kalau mudik atau lewatnya ke Kabupaten Way Kanan yang beribukota Blambangan Umpu, Anda bisa mengunjungi antara lain Air Terjun Putri Malu yang berketiggian sekitar 80 meter.

Lokasinya di Kampung Juku Batu, Kecamatan Banjit. Aktivitas yang bisa dilakukan antara lain berkemah, trekking, dan panjat tebing.

Tapi kalau mudiknya ke Kabupaten Pesisir Barat yang beribukota Krui, bisa menyinggahi antara lain Pulau Pisang. Kendaraan Anda bisa diparkir di kampung dekat Pantai Tebakak lalu naik kapal perahu.

Selagi di sana jangan lupa cicipi kulinernya seperti Gulai Taboh Ikan Tuhuk (blue marlin) dan Pandap, serabi khas pesisir.

Kalau yang Anda tuju itu Kota Bandar Lampung, Anda bisa mendatangi objek wisata buatan antara lain ke Taman Kupu-Kupu Gita Persada yang berada di Desa Tanjung Manis, Jalan Way Rahman, Kemiling, sekitar 30 menit dari pusat kota. Di sana ada sekitar 180 spesies kupu-kupu.

Pilihan lain Taman Wisata Lembah Hijau yang berkonsep cagar alam, budaya adat, taman rekreasi, water boom, dan kebun binatang mini.

Lokasinya di Jalan Radin Imba Kesuma Ratu, Tanjung Karang Barat. Atau ke D’Mermaid Waterpark di Perumahan Villa Bukit Tirtayasa, Campang Raya, Tanjung Karang Timur.

Kalau ingin berwisata belanja, Anda bisa datangi antara lain Pasar Bambu Kuning yang berada di Tanjung Karang, Kota Bandar Lampung.

Pasar yang berada dekat Museum Lampung tersebut merupakan sentra penjualan Tapis, kain tradisional khas Lampung.

Jika mau beli oleh-oleh aneka kripik pisang, antara lain di Pagar Alam dan Toko Yen Yen di Jalan Kakap, Teluk Betung, Bandar Lampung.

Ingin berwisata kuliner, coba saja ke Pindang Meranjat di Jalan Demang Lebar Daun yang menyuguhkan aneka makanan khas Sumatera Selatan.

Suka nasi uduk, cobalah ke Nasi Uduk Toha Jalan RA. Kartini. Mau mie? Datanglah ke Mie Lampung 2 di Jalan Raden Intan dan Mie Khodon Bandar Lampung di Jalan Ikan Bawal, Teluk Betung.

Pilihan lain pecel ikan Nila khas Danau Ranau di Rumah Makan Khang Mengan Jejama di Jalan Raden Intan Way Mengaku, Liwa, Lampung Barat.

Selamat mudik ke atau lewat Lampung, sekaligus berwisata.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. TravelPlus Indonesia menuju Lampung.
2. Pemandangan Selat Sunda dari pelataran Menara Siger, Lampung Selatan.
3. Mengabadikan Danau Ranau di Lampung Barat.
4. Mandi air panas di Pemandian Air Panas Way Belerang, lereng Gunung Rajabasa, Kalianda, Lampung Selatan.
5. Sekolah Gajah Way Kambas di Lampung Timur.
6. Keripik Pisang, salah satu oleh-oleh khas Lampung.
7. Pindang Patin di RM. Pindang Meranjat.
8. Pecel Ikan Nila Danau Ranau di Liwa, Lampung Barat.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP