. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 25 Mei 2018

Gaungkan Lagi KA Bandara, PT Railink Gaet Influencer

Kereta Api (KA) Bandara Railink tujuan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Basoeta) sudah beroperasi sejak awal Januari tahun ini. Tapi entah kenapa sampai hari ini, masyarakat khususnya di Jakarta sendiri, masih banyak yang belum tahu. Nah, untuk menggaungkannya lagi sekaligus untuk meningkatkan jumlah penumpangnya, PT Railink kini mengandeng para influencer termasuk blogger lewat acara Ngabuburit Bareng Railink dan KAI.

“Waktu pembukaan pengoperasian KA Bandara sebenarnya sudah mengajak sejumlah wartawan. Kali ini giliran para Influencer berikut Blogger yang kami libatkan,” ujar Fitri Kusumo Wardhani selaku Vice President Commercial Pasanger PT Railink kepada TravelPlus Indonesia di Railink Lounge yang berada di lantai 1 Stasiun Sudirman Baru atau Stasiun BNI City, Jakarta Pusat, Kamis (24/5/2018) sore.

Tujuannya, tentu untuk memberitahukan kepada masyarakat lewat para Influencer bahwa KA Bandara Railink memang sudah beroperasi dan siap melayani penumpang yang ingin ke Basoeta dari Stasiun BNI City, Stasun Duri, dan Stasiun Batu Ceper, kemudian sebaliknya.

“Diharapkan para Influencer lewat media sosial yang dimilikinya baik itu Instagram (IG), Facebook (FB), dan Twitter maupun Webblog, meng-upload berbagai aktivitas mulai dari Stasiun Sudirman Baru seperti cara pembelian tiket lewat mesin otomatis atau vending machine, suasana di dalam KA Bandara Railink sampai Stasiun Basoeta,” terangnya.

Dengan begitu, sambung Fitri informasi terkait KA Bandara bisa semakin tersebar luas ke masyarakat.

Ketika disinggung kenapa tidak semua stasiun, penumpang bisa naik KA Bandara, jadi tidak perlu ke Stasiun Sudirman Baru? Fitri menjelaskan pihaknya sebenarnya ingin bisa menggaet penumpang dari berbagai stasiun seperti Stasiun Bogor, Serpong, dan lainnya.

“Cuma pola operasi kita yang mengatur PT Kereta Api Indonesia (KAI) karena PT Railink adalah anak perusahaan PT KAI. Jalur kereta yang kita gunakan adalah jalur bersama yang juga dipakai oleh Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan juga KA Jarak Jauh,” terang Fitri.

Perijinan pengopreasian kereta dan penggunakan jalurnya, lanjut Fitri berada di PT KAI. “Kami menerima apa yang diperbolehkan oleh PT KAI. Dan kami terus mengoptimalkan KA Bandara dengan jalur yang sudah ditetapkan,” tambahnya.

Menurut Fitri pada awalnya pemberangkatan KA Bandara ke Basoeta itu dari Stasiun Manggarai.

Lantaran Stasiun Manggarai masih dalam proses pembangunan dan kemungkinan baru bisa selesai tahun depan, oleh karena itu stasiun kebarangkatan pertama untuk naik-turun penumpang KA Bandara Railink ke Basoeta itu dari Stasiun Sudirman Baru.

Kalau Stasiun Manggarai sudah siap, lanjut Fitri, nantinya akan menjadi Hub Station atau stasiun pertemuan antara KA Bandara, KCI, dan KA Jarak Jauh.

“Jadi nanti yang dari Bogor, dan lainnya usai naik KCI tinggal turun di Stasiun Manggarai kemudian naik KA Bandara Railink ke Basoeta,” terangnya.

Fitri mengakui 5 bulan KA Bandara Railink di Jakarta ini berjalan, masih belum sempurna 100 persen.

“Kini untuk mengantisipasi permintaan penumpang, kami diperbolehkan perpanjangan ke Stasiun Bekasi tapi di jam yang non peak hour KRL artinya jam 9 pagi dan jam 4 sore, kami ga dikasih izin,” tambah Fitri.

Saat ini, lanjut Fitri pihaknya masih menunggu surat izin perpanjangan ke Stasiun Bekasi tersebut ditandatangani Dirjen KAI.

“Masih digodok, supaya tidak menggangu perjalanan KCI. Kami mendapatkan slot perjalanan itu atas persetujuan PT KAI. KA Bandara Railink tidak mengambil jatah jalur KCI,” terangnya.

Usai mendengarkan penjelasan Fitri dan mengabadikan Stasiun Sudirman Baru atau BNI City serta aktivitasnya, sejumlah Influencer kemudian naik KA Bandara menuju Basoeta didampingi Fitri dan juga Andina Agyta selaku Senior Supervisor Lifestyle & Business PT Railink serta Hilwa Balweel, seorang Costumer Service On Train (CSOT) KA Bandara Railink.

“Jangan lupa teman-teman, barkot tiketnya nanti ditempelkan di mesin pemeriksa tiket yang ada di gate. Harga tiket itu 70 ribu rupiah per orang sekali jalan. Waktu tempuh dari Stasiun BNI City ke Basoeta hanya 42 menit,” terang Andina.

Di dalam Bandara KA, para Influencer tak lupa mengabadikan ruang interior KA Bandara dan tentu saja foto narsis bareng.

Di kesempatan itu, Hilwa Balweel usai membagikan takjil menjelaskan tugasnya sebagai CSOT KA Bandara antara lain melayani informasi yang dibutuhkan penumpang di meja informasi stasiun.

“Selain itu saya juga membantu penumpang yang ingin membeli tiket di ticket vending machine, menjaga di gate serta melayani penumpang di dalam kereta,” terang Hilwa.

Setibanya di Stasiun Basoeta, para Influencer mendengarkan penjelasan Siswanto selaku Manager Station Bandara Soeta terkait pelayanan dan fasilitas yang ada di stasiun tersebut.

“Di Stasiun Basoeta ini antara lain ada pusat informasi, 8 toilet pria, 8 toilet wanita, mushola, tempat pembelian tiket mandiri, ATM Center, mini market, jadwal Skytrain, dan lainnya. Pokoknya level pelayanan dan fasilitasnya tidak beda dengan yang ada di terminal 1, 2, dan terminal 3 Basoeta,” terang Siswanto.

Selanjutnya, para Influencer naik kereta Skytrain menuju Terminal 3 dan kembali lagi ke Stasiun Basoeta untuk berbuka puasa bersama.

Acara ditutup dengan foto bersama dan kembali naik KA Bandara menuju Stasiun BNI City.

“Foto-fotonya di-upload ke medsos masing-masing sebanyak-banyaknya ya. Jangan lupa diberi hashtag #NgabuburitBarengRailink dan #AyoNaikKereta, mention Twitternya ke @KAI121 dan @RailinkARS. Kalau Tag Instagram-nya ke @KAI121_dan KABandara,” pesan Andina.

TravelPlus Indonesia sendiri sejak di Stasiun BNI City sudah me-upload tiga foto berjudul Railink Ticket Vending Machine, Railink Airport Railway Ticket, dan Ayo Naik KA Railink ke Basoeta, serta 1 foto di dalam kereta berjudul CSOT Kereta Api Railink ke IG: @adjitropis, twitter: @adjikurniawan13, dan FB: kembaratropis@yahoo.com.

Sehari kemudian mem-publish tulisan ini berikut foto-foto di dalamnya serta satu lagi foto bersama sewaktu di Stasiun Basoeta dengan menyertakan link tulisan, yang kemudian di-upload di medsos tersebut. 

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Naik Kereta Api (KA) Bandara Railink dari Stasiun Sudirman Baru (BNI City).
2. Para Influencer termasuk Blogger berfoto bersama di Railink Lounge  Stasiun Sudirman Baru.
3. Pembelian tiket di mesin otomatis atau vending machine Stasiun BNI City.
4. Inilah wujud tiket KA Bandara Railink
5. CSOT Hilwa membagikan takjil ke penumpang KA Bandara.
6. Panitia Ngabuburti Bareng Rilink dan KAI berfoto bersama.
7. Para Influencer narsis bareng panitia di Stasiun Basoeta usai buka bersama.
8. TravelPlus Indonesia siap naik KA Bandara Railink. (foto. dedy)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP