. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 02 Mei 2018

10 Destinasi Digital Vegetarian Indonesia Bidik Pasar India, China, dan AS, Ini Alasannya

Indonesia kini tengah mengembangkan 10 destinasi digital vegetarian dengan tujuan untuk menjaring wisatawan baik nusantara maupun mancanegara terutama yang vegetarian.

Ke-10 destinasi degital vegetarian yang tengah dikembangkan itu adalah Batam, Bali, Jakarta, Palembang, Medan, Belitung, Banten, Garut, Tomohon, dan Pontianak.

Adapun wisatawan mancanegara (wisman) yang dibidik untuk destinasi-destinasi digital vegetarian tersebut, terutama tiga negara dengan jumlah vegetarian terbesar di dunia yakni India, China, dan Amerika Serikat.

Kenapa? “Jumlah vegetarian dunia mencapai 500 juta orang, terbesar di India sebanyak 350 juta orang, China 50 juta, dan ketiga ditempati Amerika Serikat. Sementara jumlah vegetarian Indonesia relatif kecil baru 2 juta orang dan berada di posisi ke-12,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya ketika me-launching Konser Budaya Alam Nusantara (KBAN) 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (2/5) siang.

Arief Yahya menjelaskan India dan China masuk dalam Top-5 pasar wisman Indonesia, yakni China, Eropa, Australia, Singapura, dan India.

Kunjungan wisman dari China, lanjut Arief Yahya menempati urutan teratas karena size terbanyak 2,2 juta wisman, untuk pertumbuhan (sustainability) tertinggi mencapai 42%, sedang perolehan devisa (spread) terbesar.

“Sedangkan wisman India baru tahun ini masuk ke dalam urutan kelima dalam Top-5 pasar wisman, ditargetkan 700 ribu wisman dengan pertumbuhan sebesar 40%,” ungkapnya seraya menambahkan bahwa tahun lalu jumlah wisman India yang berkunjung ke Indonesia sebanyak 485.000 wisman atau mengalahkan Korea, dan tahun ini akan menyalip posisi Jepang.

The Global Vegetarian Index yang dikeluarkan oleh Oliver’s Travel mencatat posisi Indonesia berada diperingkat ke-16 dari 183 negara yang ramah vegetarian atau masuk Top-20 Vegetarian-Friendly Countries.

“Ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi menjadi salah satu negara tujuan destinasi wisata vegetarian kelas dunia dan banyak diminati para wisatawan dari komunitas vegetarian dunia,” kata Arief Yahya.

Posisi Top-20 Vegetarian-Friendly Countries, negara Seychelles berada di urutan teratas, sedangkan Thailand urutan kedua, dan Malaysia urutan ketiga.

Sementara untuk jumlah restoran vegetarian, Indonesia terbilang masih sedikit dibanding dengan penduduknya yang besar, baru ada 438 restoran. Jumlahnya kalah dengan Malaysia (1.185), Thailand (908), dan Singapura memiliki 654 restoran vegetarian.

Pemilihan 10 detinasi digital vegetarian, selain memiliki banyak resto vegetarian, juga tersedia paket-paket wisata vegetarian ke daerah-daerah tersebut. Di Batam misalnya ada sekitar 50 resto vegeterian.

Klix Travel yang mengklaim sebagai agen tour & travel vegetarian pertama di Indonesia,  menyediakan sejumlah paket wisata vegetarian antara lain paket tur vegetarian ke Bali 3D2N Rp 1,65 juta, 4D3N 1,95 juta, dan 5D4N 2,25 juta per pax, minimal 5 pax per booking.

“Di Bali kita juga akan membawa wisatawan ke restoran yang menyiapkan menu vegetarian,” ungkap salah seorang staf Klix Travel.

Sementara paket wisata ke Belitung berdurasi 3 hari 2 malam (3D2N) Rp 1,7 juta per pax dan 4D3N Rp 2,9 juta per pax minimal 5 pax per booking.

Pesertanya selain diajak ke senjumlah objek wisata menarik, juga akan menyantap bermacam makanan vegeterian di Rumah Makan Rimba Alam Bahagia di Jalan Bandara, Manggar, Kabupaten Belitung.

Menurut staf itu, paket wisata vegetarian ini juga terbuka untuk umum, dengan kata lain umat Muslim juga bisa ikut serta.

“Soalnya sudah pasti halal, kami sama sekali tidak menyediakan atau menyantap masakan berbahan daging,” terangnya.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Palembang salah satu destinasi digital vegetarian.
2. Banten, termasuk destinasi vegetarian
3. Garut, juga termasuk destinasi vegetarian.
4. Tomohon, salah satu dari 10 destinasi digital vegetarian.
5. Belitung sudah pasti masuk dalam 10 destinasi digital vegetarian.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP