. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 03 Maret 2018

Sosak, Cara Riyo Ungkapkan Pesan Lewat Ekspresi Tubuh

“… jika kemudian kesenewangan manusia telah meninggalkan kesepakatannya, alampun berhak murka!”

Begitu bunyi pesan yang tertera di bawah tulisan pertunjukan tari bertajuk 'SOSAK', koreografer: Riyo Tulus Pernando, di akun Instagram (IG)-nya @riyoasmarros, lima hari lalu.

Kata Riyo manusia dan alam sudah semestinya menjadi teman akrab yang saling melengkapi dan memelihara hakekat bahu-membahunya.

Sosak adalah sebuah interpretasi fisikal tentang ketidak berdayaan manusia untuk menjaga keharmonisan manusia dan alamnya.

“Akibat ulah dan konsekuensinya, karya tari yang merujuk eksplorasi ragam gerak tari melayu ini, mencoba sekali lagi mengingatkan bahwa ulah kita sebagai kolaborator utama untuk keseimbangan makhluk ciptaan-Nya menjadi penentu atas kelegaan dari sesaknya nafas dan sesaknya ruang hidup untuk kita semua,” tulisnya.

Ketika TravelPlus Indonesia melihat sekilas cuplikan video Sosak yang di-upload di IG Riyo kemarin, ada gerakan tari Sosak yang menampilkan gerakan seperti orang yang tengah melawan rasa sesak yang diakibatkan oleh asap. “Ha.., ha.., ha.., ha.., ha..,” begitu bunyinya.

Penari itu terlihat begitu kesulitan bernafas akibat terkepung asap. Musik dan gerakan tarinya terasa sekali Melayu-nya.

Sepertinya karya Riyo ini terinspirasi dari kebakaran hutan yang kerap terjadi di Riau saat musim kemarau yang menimbulkan bencana asap sampai ke negeri tetangga.  

Itu bisa benar, mengingat Riyo berasal Kampar, Riau. Dan daerah asalnya itu pun masih kuat dengan muatan lokal Melayu-nya.

Tari Sosak karya Riyo pernah ditampilkan Juli 2017 lalu di ISI Surakarta bersama tari-tari lainnya yang merupakan Tugas Akhir mahasiswa penciptaan tari ISI Surakarta.

Kali ini di Jakarta, Sosak yang akan disuguhkan Riyo dan rekan-rekannya merupakan versi terbaru.

Tentunya akan lebih menarik dan menggelitik karena sarat pesan yang ingin disampaikan lewat beragam gerak dan ekspresi tubuh.

Sosak oleh Malaydansstudio karya Riyo merupakan salah satu peserta Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia yang terpilih untuk menampilkan karyanya di Galeri Indonesia Kaya, West Mall Lt. 8, Jakarta, Minggu (4/3/2018) sore, tepatnya pukul 15.00 WIB.

Pertunjukan tari yang didukung Bakti Budaya Djarum Foudation ini gratis, namun tempat terbatas.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: @riyoasmarros

Captions:
1. Cuplikan pertunjukan tari Sosak karya koreografer Riyo Tulus Pernando asal Kampar Riau yang di-upload di IG-nya.
2. Promo Sosak di medsos.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP