. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 15 Februari 2018

Tarian Tortor Siap Semarakkan Launching Horas Samosir Fiesta 2018

Sejumlah hiburan berupa tarian dan lagu bakal menyemarakkan acara peluncuran event Horas Samosir Fiesta (HSF) 2018 yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta hari ini, Kamis (15/2) malam. Salah satunya Tortor, tarian tradisional Batak yang sudah begitu ikonik.


Dalam rundown acara launching tersebut yang dikirim Anggi, salah satu staf Biro Hukum dan Komunikasi Publik (Humas) Kemenpar ke TravelPlus Indonesia via WA siang tadi, tertera mata acara, waktu dan pengisi acaranya.

Acara akan dimulai pukul 7 malam dengan menyayikan lagu Indonesia Raya, kemudian suguhan video opening, Tortor sambutan oleh penari Samoland, dan persembahan lagu Sing Sing So yang dibawakan oleh Gok Sian Malau dengan iringan gitar Erwin Sigalingging.

Berikutnya pemutaran video berjudul “Samosir untuk Bangsa”, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU.

Selanjutnya Bupati Samosir Rapidin Simbolon akan memberikan kata sambutan sekaligus memberikan cendera mata kepada Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya atau yang mewakili.

Acara diteruskan dengan tayangan video launching berjudul “Samosir untuk Dunia”, disambung dengan kata sambutan Arief Yahya atau yang mewakili, yang sekaligus me-launching HSF 2018.

Untuk menghibur para tamu undangan, selanjutnya disuguhkan lagu berjudul Samosir Negeri Indah Kepingan Surga yang akan dilantunan oleh Gok Sian Malau.

Dilanjutkan dengan pemberian cendera mata untuk undangan dan mitra, dibarengi dengan persembahan tarian Tortor oleh Samolan.

Tak suma itu, kemudian dilakukan Tortor bersama, dimana para penari akan turun dari panggung mengajak para tamu undangan ikut menortor.

Menortor atau menarikan Tortor yang benar harus memenuhi tiga sarat yakni tariannya itu sendiri, ulos, dan gondang. Ketiganya itu tidak bisa dipisahkan dari tarian muda-mudi ini.


Tortor merupakan jenis tarian purba dari Batak Toba yang berasal dari Sumut yang meliputi daerah Samosir, Toba Samosir, Tapanuli Utara, dan Humbang Hasundutan.

Di Samosir, tarian Tortor menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Biasanya wisatawan yang datang dalam kelompok kecil apalagi besar akan disuguhkan dan diajarkan cara menari tradisonal tersebut, salah satunya di obyek wisata Kursi Batu di Huta Silangan, Samosir yang memiliki sejumlah rumah adat Batak Samosir.

Acara launching HFS 2018 akan ditutup dengan temu pers antara pihak penyelenggara dan sejumlah wartawan dan travel blogger yang diundang Humas Kemenpar.

“Jumpa pers-nya akan dimulai pukul 8 malam lewat 15 menit bersama Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Kemenpar dan Bupati Samosir. Tapi acara dari awal tetap dimulai pukul 7 malam,” pungkas Anggi.

Berdasarkan pengamatan TravelPlus Indonesia, selama ini setiap Kabupaten Samosir menggelar acara di Balairung Soesilo Soedarman selalu ramai tamunya dan semarak.

Para pejabat, orang sukses, tokoh penting, dan masyarakat Batak Samosir yang ada di Jabodetabek turut hadir sebagai tanda ikut serta memberi dukungan kepada daerahnya.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Tarian Tortor disugfuhkan/diajarkan kepada sejumlah wisatawan di Samosir, salah satunya du obyek wisata Batu Kursi di Huta Silangan.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP