. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 12 Desember 2017

Lomba Perahu Cadik, Tari, dan Lagu Pop Daerah Bakal Semarakkan Danau Ranau Festival 2017

Danau Ranau Festival 2017 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan di Dermaga Ponton Banding Agung, Kelurahan Bandar Agung, Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada 14-16 Desember, akan dimeriahkan dengan berbagai lomba menarik, antara lain lomba perahu cadik, tari, dan lomba lagu pop daerah.

Selain lomba Perahau Cadik, festival yang mendapat dukukan promosi dan publikasi dari Pesona Indonesia-nya Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ini juga akan disemarakkan dengan lomba renang, lomba gowes atau sepeda, lomba kicau burung, lomba masakan khas daerah, lomba kreatifitas membuat cindera mata khas OKU Selatan, dan lomba homestay serta atraksi jetski.

Berbagai atraksi kebudayaan juga bakal disuguhkan untuk memeriahkan festival tahunan ini seperti karnaval budaya dan parade seni budaya yang akan menampilkan seni pertunjukkan dari 19 kecamatan se-OKU Selatan antara lain Kecamatan Muaradua, Pulau Beringin, Kisam Ilir, Sindang Danau, Banding Agung, Warkuk Ranau Selatan, dan Kecamatan Runjung Agung.

Tak ketinggalan penampilan kelompok seni budaya dari 17 kabupaten/kota se-Sumsel antara lain Kabupaten Muara Enim, OKI, Lubuk Linggau, Musi Rawas, Ogan Ilir, Lahat, dan Kabupaten Empat Lawang.

Selain itu ada pameran pangan serta hiburan yang akan menampilkan artis ibukota.

Dalam sesi parade seni budaya akan menampilkan Tari Sambut “Serasan Seandanan” khas OKU Selatan, Sastra Tutur, dan lomba Tari Kreasi Daerah serta lomba Lagu Pop Daerah seperti sudah tersebut di atas.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten OKU Selatan, Darmawan SE Msi, Kawasan Objek Wisata Danau Ranau di OKU Selatan sangat potensial menjadi kawasan wisata yang berbasis ekonomi kerakyatan.

“Lewat Danau Ranau Festival akan menciptakan multiplier effect yang positif demi kesejahteraan masyarakat OKU Selatan,” terang Darmawan sebagaimana tertera dalam kata pengantarnya di proposal Danau Ranau Festival 2017 yang dikirim Kemenpar ke TravelPlus Indonesia, baru-baru ini.

Adapun salah satu sasaran dari penyelenggaraan festival ini, lanjut Darmawan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara ke OKU Selatan.

Sebagai catatan, even Danau Ranau Festival 2017 ini merupakan penyelenggaraan yang ke 21 kali. Sebelumnya festival ini rutin digelar oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan OKU Selatan Provinsi Sumsel.

Hal ini terjadi karena memang letak posisi Danau Ranau terletak di dua tempat tersebut. Namun sejak tahun ini, Pemkab OKU Selatan-lah yang menjadi penyelenggara utamanya.

Danau Ranau merupakan danau kedua terbesar di Sumatera setelah Danau Toba yang ada di Sumatera Utara.

Danau yang sebagian besar luasnya berada di OKU Selatan ini berpanorama indah dan berudara sejuk.

Di sana, pengunjung biasanya bersantai di tepiannya atau mengelilingi danau dengan perahu motor, juga bisa menikmati keindahan Gunung Seminung.

Selanjutnya ke beberapa tempat wisata lainnya yang masih berada di kawasan danau yang dihuni ikan mujair, kepor, kepiat, dan harongan ini antara lain ke Pulau Marisa yang berada di tengah Danau Ranau, ke pemandian air panas, dan Air Terjun Subik Tuha.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Sepenggal pesona Danau Ranau.
2. Panorama Danau Ranau dari kejauhan.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP