. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 24 November 2017

Ayam Jerit si Tikam dan Ayam Geprek Bensu Sama-Sama Diburu

Kuliner dari ayam memang tidak ada matinya. Di negeri ini, dari Aceh sampai Papua boleh dibilang ada kuliner yang berbahan utama ayam. Sebut saja Ayam Tangkap Aceh, Opor Ayam Betawi, Ayam Taliwang Lombok, Ayam Betutu Bali, dan Pecel Ayam serta Soto Ayam Lamongan. Belum lagi kuliner ayam kekinian yang belakangan ini bermunculan bak jamur di musim penghujan, di antaranya yang lagi ngehits Ayam Geprek-nya si Bensu dan Ayam Jerit-nya si Tikam. Wah, kuliner ayam apa pula itu?

Ayam Jerit merupakan nama merek jualan pemain film/sinetron sekaligus bintang iklan Titi Kamal yang namanya biasa disingkat Tikam. Sedangkan Ayam Geprek itu merek dagangnya presenter TV kondang Ruben Onsu yang biasa disapa Bensu.

Kedua public figure itu sama-sama berbisnis kuliner berbahan utama ayam dengan citra rasa pedas. Kehadiran keduanya menambah marak wisata kuliner berbahan ayam di Jakarta khususnya.

Bedanya kalau Ayam Jerit si Tikam yang berada di Teras Benhil lantai 1, Jakarta Pusat, daging ayamnya disuwir-suwir kemudian diberi bumbu pedas sambal cabe rawit setan sesuai level pedasnya.

Sementara Ayam Geprek Bensu yang resto-nya ada di bilangan Kebayoran lama, Jakarta Selatan, daging ayamnya berupa potongan ayam goreng dengan kulit tepung tipis yang ditumbuk/digeprek lalu dilumuri bumbu sambal pedas juga sesuai level-nya.

Pantauan TravelPlus Indonesia, menu ayam kedua selebritis itu mendapat respon luar biasa dari penggemar kuliner pedas selangit. Sama-sama diburu.

Sewaktu menyambangi resto Ayam Geprek Bensu di bilangan Kebayoran Lama, terjadi antrian panjang pengunjung yang penasaran ingin mencoba.

Dalam antrian panjang itu, terlihat sejumlah pengemudi ojek online yang tengah memesan secara online untuk para customer-nya. 

Akhirnya giliran saya tiba di depan kasir Ayam Geprek Bensu yang dijaga seorang perempuan muda berhijab.

Terus terang saya bukan penyuka makanan pedas. Untungnya di Ayam Geprek Bensu citra rasa pedasnya ada tingkatannya.

“Kalau level nol itu tidak pedas alias original, tapi kalau level satu dan seterusnya semakin pedas,” kata kasirnya.

Saya pun langsung pesan seporsi Paket Ayam Geprek Bensu level 1 dengan harga Rp 15 ribu, seporsi Terong Geprek Rp 5 ribu, dan segelas teh es manis Rp 5 ribu.

Harga menu di Ayam Geprek Bensu memang relatif terjangkau orang kebanyakan. Di daftar menunya paling mahal cuma Paket Geprek Leleh Rp 25 ribu seporsinya, kalau tanpa nasi atau bukan paket dibanderol Rp 22 ribu.

Lantaran harganya super terjangkau, pengunjungnya pun membludak, terlebih jelang jam makan siang dan makan malam. 30 menit kemudian pesanan datang.

Paket Ayam Geprek berisi sepotong sayap ayam yang digeprek lalu ditaburi sambal, tak ketingalan nasi putih serta dua irisan ketimun yang ditempatkan di atas piring dari anyaman rotan yang dialasi kertas coklat terlebih dulu.

Sementara Geprek Terong itu berisi 5 irisan terong yang digoreng dengan tepung tipis lalu dilumuri sambal.

Secara penampilan, biasa saja dan rasanya tentu saja pedas.  Untuk ukuran saya yang tidak suka pedas, level 1 saja sudah bikin keringat bercucuran.

Beberapa hari kemudian saya meluncur ke Ayam Jerit-nya si Tikam di kawasan Benhil yang tersohor sebagai salah satu sentra kuliner di Jakarta.

Resto milik artis yang betah berambut panjang lurus dan tengah mengandung anak kedua ini berada di lantai 1 dengan sejumlah gerai kuliner bermerek lainnya.

Saya sengaja datang diluar jam makan siang, jelang sore. Tapi setibanya di sana masih banyak juga pengunjung yang tengah bersantap dan beberapa tukang ojek Gojek sedang memesan orderan.

“Pesan apa om”, saya kasir perempuan muda berhijab, namanya Fitri Febrianti. “Sebentar ya de, saya lihat menunya dulu,” balas saya.

Akhirnya saya pesan Paket Ayam Jerit 2 satu porsi seharga Rp 32 ribu dan sebotol teh pucuk less sugar Rp 10.900.

Tak sampai 10 menit, hidangan saya sudah datang. Paket Ayam Jerit 2 original berisi nasi putih dengan suwiran-suwiran ayam berikut tulang yang dicampur dengan sambal, ditambah dua irisan ketimun serta tempe dan tahu goreng masing-masing sepotong. Semuanya diletakkan dalam wadah piring bundar berwarna putih polos.

Meskipun original, tetap saja menu itu sudah terasa pedas di lidah saya. Untung pramusajinya menyediakan beberapa lembar tissue buat mengusap keringat yang mengucur dari dahi dan leher.

Dari segi harga dan varian, menu Ayam Jerit si Tikam memang agak lebih mahal sekaligus lebih variatif dibanding Ayam Geprek Bensu.

Menu Ayam Jerit  si Tikam misalnya ada Paket Arisan terdiri atas nasi putih 10 porsi, ayam negeri 2 porsi, ayam kampung 1 porsi, cumi cabe ijo 1 porsi, gurami salju 1 porsi, tumisan sayur 2 [prsi, sayur asem 5 porsi, tahu/tempe 10 potong tempe kering telor asin 1porsi, lalapan, sambal, dan teh tawar hangat dibanderol Rp 600 ribu per 10 orang.


Ada juga menu pesanan dengan wadah berupa besek maupun hampers serta menu liwetan berbentuk doraemon, panda, kupu-kupu dan lainnya. Tapi khusus Paket Liwetan harus booking 3 hari sebelumnya.

Tapi ada menu hematnya juga, yaitu Paket Super Ngejerit seharga Rp 19.000 per porsi.

Pilihannya ada tiga yaitu Nasi dan Ayam Jerit berupa sepotong sayap ayam utuh yang dilumuri sambal cabe rawit setan dalam kemasan kotak berwarna merah namun dilapisi plastik putih di dalamnya.

Selain itu Nasi dan Cakalang Jerit serta Nasi dan Ayam Cabe Ijo. Semuanya dijamin bikin ngejerit.

Di resto Ayam Jerit ini juga dijual aneka cake berlabel Vava Cake masih kepunyaan Tikam, antara lain Vava Cake Premium dengan harga Rp 60 ribu per kotaknya.

Sehabis menyantap Ayam Jerit yang bikin lidah menjerit-jerit lantaran pedas, penutupnya Vava Cake yang manis, ah pas sekali.

Buat penyuka ayam goreng dengan citra rasa pedas, sepertinya Ayam Geprek Bensu dan Ayam Jerit-nya Tikam bisa jadikan pilihan untuk memanjakan selera makan.

Naskah & foto adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Dua menu di antara sejumlah menu di Resto Ayam Geprek Bensu Kebayoran Lama.
2. Menu Geprek Terong dan Paket Ayam Geprek level 1 khas Ayam Geprek Bensu.
3. Paket Ayam Jerit 2 di Resto Ayam Jerit-nya Tikam di Teras Benhil.
4. Paket Super Ngejerit Rp 19 ribu spesial Ayam Jerit-nya Tikam.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP